Home CAKRAWALA Kapolri Ingatkan Anggotanya yang Ingin Ikut Pilkada Harus Mundur dari Institusi Polri

Kapolri Ingatkan Anggotanya yang Ingin Ikut Pilkada Harus Mundur dari Institusi Polri

0
0
2,466

Jakarta, “Yang saya tahu baru Kakor Brimob Irjen Murad Ismail yang akan mencalonkan Gubernur Maluku,” ujar Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian.

CELEBES NEWS – Pemelihan Kepala daerah (Pilkada) akan di digelar tahun depan, disinyalir ada beberapa perwira tinggi Polri berencana ingin maju Pilkada 2018. Mendengar berita ada sejumlah nama jenderal Polri ingin maju pada membuat Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian angkat bicara.

“Enggak ada salahnya mau maju para angggota Polri, tapi harus mundur dari institusi Polri. Nggak ada salahnya untuk as soon as possible selesai secepat mungkin. Sudah yakin, ya mundur saja,” kata Tito di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2017).

Tito mengatakan, sebaiknya anggota Polri aktif yang ingin maju dalam Pilkada mundur saja sehingga tidak terjadi penyalahgunaan kewenangan.

“Yang saya tahu baru Kakor Brimob Irjen Murad Ismail yang akan mencalonkan Gubernur Maluku,” ujar Tito.

Kata Tito, tahapan penetapan pasangan calon di pilkada dimulai pada Februari 2018. Sebelum tahapan itu, anggota yang punya niat masih boleh berkarier di Polri.

“Sebelum Februari awal, mereka masih boleh jadi anggota polisi. Tapi saya berharap supaya tidak ada conflict of interest sebagai anggota Polri. Kalau memang sudah yakin mau maju, lebih baik mengundurkan diri,” tegasnya.

Kapolri menjamin Polri netral dalam pilkada mendatang. Pasalnya, sikap itu diambil atas perintah Presiden Joko Widodo.

Mantan Kapolda MetrO Jaya itu melanjutkan, Presiden Joko Widodo memerintahkan Polri harus netral bila ada anggota Polri yang mau maju.

“Jadi kalau nanti ada yang berkontestasi anggota Polri, silakan gunakan mekanisme partai yang ada karena Polri tidak berpolitik praktis, bersikap netral,” ujarnya.

Tito menegaskan Polri tidak akan ikut campur untuk memenangkan anggota Polri yang mengikuti konstentasi Pilkada. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Oknum Polisi di Serang Ancam Culik Wartawan

CELEBES NEWS – Oknum Polisi di Kota Serang mengancam akan menculik seorang wartawan …