Home KAWANUA KAWANUA SULUT Budayawan Asal Sulut Angkat Bicara Soal Bendi

Budayawan Asal Sulut Angkat Bicara Soal Bendi

0
0
2,493

Manado, Budayawan Sulawesi Utara ini juga menambahkan bahwa, sebagai alat transportasi tradisional, bendi bernilai budaya dan menjadi bagian dari sejarah yang harus di pertahankan.

CELEBES NEWS – Ditengah lajunya perkembangan teknologi, Bendi merupakan kendaraan tradisional di Manado yang mulai langkah namun masih bertahan di tengah modernitas masyarakat.

Reiner Emyot Ointoe yang merupakan Budayawan Sulut ini mengatakan bahwa bendi merupakan aset dan warisan transportasi bernilai budaya serta menjadi bagian dari sejarah transportasi.

“Bendi itu secara kultural harus diorganisasi sebagai transpor tradisional untuk kepentingan transportasi yang terbatas sesuai kebutuhan atau lokalisir. Kedua, sebagai aset dan warisan transportasi bernilai budaya, baik untuk prosesi, artefak museum. Karna bendi memiliki banyak jenis dan fungsi dalam sejarah transportasi. Bukankah ada lagu tentang Bendi dari ibu Sut.” Kata Reiner

Budayawan Sulawesi Utara ini juga menambahkan bahwa, sebagai alat transportasi tradisional, bendi bernilai budaya dan menjadi bagian dari sejarah yang harus di pertahankan.

”Harus di pertahankan.! Tidak bisa dibiarkan begitu saja. Benda2 bernilai sejarah dan budaya dilindungi undang-undang ordonansi. Minimal dilindungi sebagai aset budaya artefak untuk museum atau transportasi terbatas secara ekonomi maupun kultural.” Kata Reiner Ointoe yang juga Budayawan Sulawesi Utara.

Diketahui akhir-akhir ini, bendi di kota Manado mulai punah. Dari data yang di dapat dari pengurus bendi kota Manado, bahwa jumlah bendi saat ini kurang lebih 30 bendi dari 200 bendi sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh kepadatan kendaraan roda dua dan empat yang beroprasi di Manado.

Menanggapi akan hal itu, Reiner Ointoe menyarankan agar sistem transportasi Kota jalurnya harus diatur.

“Transportasi kota yang diatur jalurnya. Ada regulasi. Kedua, transportasi untuk aset kenderaan kultural. Misalnya, untuk karnaval, pawai hias dan lain-lain” kata Reiner. [Celebesnews.id]

Penulis : Irwan Adam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Putri Sulamit Sulut, Tria: Wujudkan Mimpi Berbuat Dengan Hati

Manado, Menjadi Putri Sulamit Sulawesi Utara, membuat Tria Divinity Malensang berhasil mew…