Pemkab Sangihe Usulkan Ambulans Laut

0
0
2,118

Sangihe, Faktor kemiskinan masyarakat di wilayah kepulauan, salah satu penyebabnya adalah mahalnya biaya kesehatan khususnya tranportasi bila harus lanjut berobat ke Rumah Sakit.

CELEBES NEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk pengadaan ambulans laut khusus bagi warga masyarakat yang ada di wilayah kepulaun.

“Kami sudah mengusulkan pengadaan ambulans laut untuk kebutuhan pelayanan bagi masyarakat yang ada di kepulaun,” jelas Jeffry Gaghana pelaksanan tugas kepala Dinas Kesehatan Sangihe di Tahuna, Sabtu (30/9/2017).

Menurut dia ambulans laut sangat dibutuhkan bagi masyarakat yang ada di wilayah kepulauan sebab untuk berobat lanjut ke rumah sakit di Tahuna mereka harus mengeluarkan dana yang besar.

“Masyarakat di pulau harus mengeluarkan biaya yang besar untuk membayar angkutan bila harus berobat lanjut di Rumah Sakit di Tahuna,” kata dia.

Kondisi ini membuat biaya kesehatan masyarakat semakin mahal sekalipun mereka memiliki kartu jaminan kesehatan.

Salah satu solusi untuk menekan biaya tranpost adalah pengadaan angkutan laut khususnya ambulans melalui subsidi pemerintah daerah.

“Kami berharap dengan adanya ambulans laut masyarakat yang ada dikepulauan juga dapat merasakan pelayanan dengan baik seperti masyarakat yang ada di wilayah daratan Sangihe yang sudah menikmati mobil ambulans,” tutup Jeffry. [©-ant/aja]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Investor Lirik Sektor Perikanan di Kepulauan Sangihe

SANGIHE – Bupati Kepulauan Sangihe : “Hasil laut di wilayah perairan Sangihe m…