Home CAKRAWALA Pemkab Bekasi Belum Beri Izin IMB Mega Proyek Meikarta

Pemkab Bekasi Belum Beri Izin IMB Mega Proyek Meikarta

0
0
2,585

Jakarta, Mega proyek Meikarta diakui Pemkab Bekasi belum ada izin IMB.

CELEBES NEWS – Dinas Penanaman Modal Pelayanan terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengaku hingga saat ini belum mengeluarkan Izin mendirikan Bangunan (IMB) mega proyek Meikarta milik Lippo Cikarang Tbk.

Kepala Bidang Perizinan dan Pemanfaatan Ruang DPMPTSP, Deny mengatakan, dokumen penunjang dari Orgnisasi Perangkat Daerah (OPD),Seperti Dinas PUPR, Dinas Perumahan Rakyat belum dilengkapi oleh pihak pengembang Meikarta.

Menurutnya, dokumen penunjang dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seperti Dinas PUPR, Dinas Perumahan Rakyat belum dilengkapi oleh pihak pengembang Meikarta, selain IMB izin peruntukan proyek Meikarta sudah diberikan sebagai izin penggunaan lahan bukan untuk membangun.

“Beberapa izin Meikarta sudah dikeluarkan IPPT, izin prinsip, izin penanaman modal, tinggal imb saja terakhir yang belum,” katanya.

Pihaknya mengaku tidak mempersulit investasi Meikarta di Kabupaten Bekasi seperti yang ramai dibicarakan. Sebab, jika semua persyaratan yang diajukan oleh pihak pengusaha dalam hal ini DPMPTSP wajib memberikan izin asal tidak ada aturan yang dilanggar.

“DPMPTSP tidak mempersulit perizinan buktinya IPPT seluas 84 hektar yang sudah dikeluarkan,”katanya.

Menurut dia, saat ini pihak Meikarta belum dapat melakukan pembangunan sebab belum mengantongi IMB, namun, yang terjadi saat ini meikarta masih dalam contek pemanfaataan lahan seperti membuat taman dan akses jalan karena itu bagian dari persiapan pembangunan menara-menara tower tersebut.

“Kalau membangun sih belum kan baru sekedar membuat taman dan jalan,” imbuhnya.

Lebih jauh dikatakannya, ramainya proyek Meikarta hingga di tingkat nasional dikarenakan iklan publikasi terlalu ramai di televisi. sehingga, hal itu mengundang perhatian dari banyak pihak.

“Karena Iklannya terlalu ramai jadinya seperti ini,” katanya.

Terkait urusan Meikarta, lanjutnya, pihaknya juga pernah dipanggil Ombudsman RI, yang waktu itu Ombudsman meminta Penjelasan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi. tentang Pelayanan Perizinan yang diberikan ke pihak Meikarta.

“Ya pernah dipanggil untuk berdialog sama Ombudsman ya saya datang. Pemanggilan itu Lantaran adanya laporan yang simpang siur soal Meikarta,”tandasnya. [©-Ral]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Pesawat Antariksa Cassini Akhiri Misi Spektakuler selama 20 Tahun

Pasadena, Minggu lalu pesawat penjelajah antariksa Cassini-Huygens telah mengakhiri tugas-…