Home CAKRAWALA SOSIAL DAN BUDAYA DPR: Kemenkes Harus Selesaikan Kasus Bayi Deborah Dalam 2 Hari

DPR: Kemenkes Harus Selesaikan Kasus Bayi Deborah Dalam 2 Hari

0
0
2,499

Jakarta – Wakil Ketua Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay mengatakan pihaknya memberikan waktu 2 X 24 jam bagi Kementerian Kesehatan untuk menyelesaikan kasus yang menimpa bayi Deborah.

CELEBES NEWS – “Rumah sakit diduga sengaja dan lalai mematuhi Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Kementerian Kesehatan harus menindak tegas,” kata Saleh melalui pesan singkat diterima di Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan dalam rapat dengan Kementerian Kesehatan yang diadakan Senin (11/9/2017), yang sebenarnya untuk membahas anggaran Kementerian pada APBN 2018, kasus tersebut menjadi perhatian anggota Komisi IX.

Bahkan, Komisi IX menyatakan tidak akan membahas anggaran Kementerian Kesehatan bila kasus tersebut tidak segera diselesaikan dengan menjatuhkan sanksi tegas terhadap rumah sakit.

“Namun, Komisi IX tetap memberikan kesempatan kepada Kementerian Kesehatan untuk menyelesaikan investigasi yang dilakukan tim terdiri dari Kementerian, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Badan Pengawas Rumah Sakit (BPRS),” tuturnya.

Saleh meyakini tim tersebut akan bekerja serta menjatuhkan sanksi secara objektif dan berdasarkan fakta yang ada.

“Kita berharap kejadian serupa tidak terulang pada masa yang akan datang,” ujarnya.

Saleh mengatakan kejadian yang dialami bayi Deborah seharusnya tidak terjadi di tengah keseriusan pemerintah mengejar target pelaksanaan jaminan kesehatan universal.

“Jaminan kesehatan universal seharusnya memastikan masyarakat memperoleh akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan masyarakat yang bermutu dengan biaya yang terjangkau,” tuturnya.

Menurut Saleh, jaminan kesehatan universal akan sulit tercapai bila masih ada kejadian seperti yang dialami bayi Deborah.

“Saya ikut sedih dan prihatin atas musibah yang dialami bayi Deborah. Saya bisa merasakan kesedihan dan duka yang dialami seluruh keluarganya,” Ujarnya. [©-ant/i501] 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Mahasiswa Indonesia Menangkan Kompetisi Video UNESCO

Washington DC, Empat mahasiswa Indonesia belum lama ini berhasil memenangkan kompetisi vid…