Home KOTA KOTA MANADO DPRD KOTA MANADO Dihadapan DPRD Manado, PAP I Jelaskan Kenaikan Tarif Masuk Bandara

Dihadapan DPRD Manado, PAP I Jelaskan Kenaikan Tarif Masuk Bandara

0
0
2,558

Manado, Kenaikan tarif masuk bandara yang akan berdampak pada pendapatan asli daerah (PAD). Jika biaya masuk saat ini satu pertama Rp4.000.

CELEBES NEWS – DPRD Kota Manado mengadakan pertemuan bersama General Manager A Perum Angkasa Pura (PAP) I Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus ET Handeguai bersama jajarannya, Selasa (12/09/2017) di ruang pertemuan PAP I

Pertemuan tersebut di hadiri oleh Badan Legislasi DPRD Manado bersama sejumlah Anggota Komisi B serta Dinas Pendapatan Daerah dalam rangka membicarakan rencana kenaikan jasa masuk Bandara atau (PARKIR).

GM Angkasa Pura I Minggus Handeguai menyampaian maksud dan tujuan pertemuan tersebut adalah untuk mensosialisasikan kenaikan tarig masuk bandara Samratulangi yang akan berdampak pada kebaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

“Tujuan kami mengundang bapak-bapak Anggota DPRD  bersama Dinas Pendapatan Daerah adalah guna untuk menyampaikan niat baik kami mengenai kenaikan tariff masuk Bandara yang akan berdampak pada pendapatan asli daerah (PAD). Jika biaya masuk saat ini satu pertama Rp4.000. Lewat kajian kami maka tarif masuk akan naik hingga Rp6.000 perjam,”kata Minggus dihadapan DPRD dan Dispenda.

Sementara itu kepala Seksi Departement Head PAP I M Tamrin kemudian memaparkan berbagai langkah maju yang dilakukan oleh Angkasa Pura I terkait kenyamanan para pengguna jasa parkir Bandara.

“Jadi pertama-tama kami sudah mengasuransikan setiap kendaraan yang masuk ke Bandara. Kemudian banyak spot-spot yang kami perbaiki guna kenyamaan masyarakat yang hendak datang ke Bandara. Jadi kenaikan tarif masuk ke Bandara kami imbangi dengan berbagai perbaikan fasilitas serta ptoteksi terhadap kendaraan yang nginap ataupun parkir,”ujar Tamrin.

Anggota badan Legislasi DPRD Kota Manado Benny Parasan mengaku setuju dengan penyampaian pihak Angkasa Pura I dan jajarannya, karena jika akan berdampak pada naiknya pendapatan asli daerah.

”Saya kira sebagai badan legislasi saya setuju jika tariff masuk bandara di naikan hingga Rp 6.000 yang sebelumnya hanya Rp4.000” ujar Parasan.

Hal senada di sampaikan oleh Ketua Badan Legislasi DPRD Manado Hengky Kawalo mengatakan, sebaiknya biaya masuk bandara naik Rp1.000, sehingga tidak terlalu membebani rakyat.

“Saya kira masih rasional jika biaya masuk bandara dipatok pada angka Rp 5.000 sehingga tidak membebani masyarakat meskipun kenaikan taris atau biaya masuk bandara adalah kewenangan AP-1. Saya percaya, bahwa tarif masuk bandara perlu memikirkan beban masyarakat” tandas Kawalo.

Lebih lanjut Kawalo mengatakan bahwa untuk pajak setoran parkir ke Dispendea Manado adalah 30 persen dan pajak tersebut diatur lewat Perda no. 2 sebagaimana dan undang-undang no.28.

Anggota Komisi B lainnya Muhamad Nurasyd juga menyetujui tariff masuk ke bandara dengan angka Rp6.000.

”Saya kira masih normatif kenaikan tarif masuk ke Bandara ditetapkan Rp6.000 untuk satu jam pertama” punkas Ka Tune sapaan akrabnya.  [©-Ryl]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

RM Solaria Simpan Bahan Expire, Komisi D Akan Panggil Pihak Managemen

Manado, Sidak tersebut Komisi D yang di Pimpin langsung Oleh Ketua Komisi Apriano Ade Saer…