Home KABUPATEN KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE Transportasi Sangihe – Filipina Selatan Dibuka Kembali

Transportasi Sangihe – Filipina Selatan Dibuka Kembali

0
0
3,584

Sangihe, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana mengatakan transportasi laut yang menghubungkan Sangihe dengan General Santos Filipina Selatan harus dibuka kembali.

CELEBES NEWS – “Sebaiknya transportasi laut yang menghubungkan Sangihe dan daerah Filipina Selatan diaktifkan kembali,” katanya di Tahuna, Senin.

Dia mengatakan hal itu saat menerima kunjungan Konjen Filipina Oskar Orsin di Kantor Bupati Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara.

Ia mengatakan transportasi laut antara Sangihe dengan daerah Filipina Selatan menguntungkan masyarakat setempat, termasuk pengusaha, sehingga perlu diaktifkan lagi “Transportasi laut yang sudah pernah dilakukan pada beberapa tahun yang lalu segera diaktifkan lagi,” katanya.

Ia mengatakan sampai saat ini masyarakat Sangihe masih aktif melaksanakan kunjungan ke Filipina dengan menggunakan perahu tradisional.

“Dari pada masyarakat Sangihe menggunakan perahu tradisional ke Filipina Selatan, sebaiknya pemerintah membuka kembali trasportasi kapal antara Sangihe dan Saranggani,” kata dia.

Pembukaan trasportasi laut antara Indonesia, khususnya Sangihe, dengan Filipina itu, ujarnya, menguntungkan masyarakat setempat.

Dia berharap, Pemerintah Filipina melalui konjen yang ada di Manado dapat menfasilitasi agar kapal dari Sangihe bisa masuk sampai Kota Davao.

“Kami berharap kapal dari Sangihe bisa masuk sampai di Kota Davao dan Manila,” katanya.

Konjen Filipina di Manado Oskar Orsin berjanji membicarakan persoalan itu dengan pihak terkait di Filipina agar permintaan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe disa dipenuhi.

“Pemerintah Filipina akan membicarakannya agar hubungan dagang antara pemerintah Sangihe dengan Filipina Selatan bisa terwujud berdasarkan permintaan bupati,” kata dia. [©-ant/rdt]

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kunjungan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe Ke Filipina Masih Seperti Biasa

Camat Kepulauan Marore Kabupaten Sangihe Syahrul Onthoni mengatakan warga masyarakat yang …