Home GORONTALO KABUPATEN GORONTALO PEMKAB GORONTALO Gorontalo Utara Diharapkan Masuk KEK Pariwisata

Gorontalo Utara Diharapkan Masuk KEK Pariwisata

0
0
2,321

Gorontalo, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, diharapkan masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, karena besarnya potensi alam yang bisa dikembangkan di daerah itu.

CELEBES NEWS – Wakil Bupati Gorontalo Utara Roni Imran, Rabu (9/8/2017) di Gorontalo, mengatakan, ada banyak potensi pariwisata yang potensial dikembangkan di daerah ini khususnya wisata bahari, apalagi kunjungan wisatawan baik nusantara maupun manca negara terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Wakil bupati juga menambahkan, berbagai komponen pembangunan yang perlu ada bisa terbangun dengan cepat dan terfokus, diantaranya yaitu percepatan pembangunan infrastruktur, akses transportasi, pelayanan publik serta aktivitas perekonomian di sektor jasa.

“Penetapan KEK Pariwisata sangat diharapkan mendorong realisasi pembangunan yang akan menunjang peningkatan sektor industri pariwisata di daerah ini,” tegas Wakil Bupati.

Kepala Dinas Pariwisata setempat, Frits Ano mengatakan, ada beberapa objek wisata unggulan yang sangat diandalkan di daerah ini, diantaranya yang sudah mendunia adalah Pulau Saronde. Namun dalam pengembangannya, masih terkendala minimnnya anggaran untuk peningkatan infrastruktur meskipun telah kerja sama dengan pihak ke tiga.

Pembangunan infrastruktur yang sangat diharapkan dapat terwujud dalam waktu cepat adalah, dermaga khusus pariwisata, sarana dan prasarana transportasi yang aman dan nyaman bagi pengunjung seperti armada kapal cepat. Termasuk infrastruktur penunjang terhadap keberadaan Pulau Saronde agar aman abrasi, termasuk pulau-pulau di sekitarnya yang juga memiliki potensi yang sama, seperti Pulau Bugisa dan Mohinggito.

Frits juga menambahkan, anggaran pembangunan sektor pariwisata di daerah ini masih tergolong minim, sebab melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten, belum menembus angka Rp5 miliar, sementara beragam program prioritas pembangunan pariwisata terus bergulir.

Dengan demikian sangat dibutuhkan dukungan dari pemerintah pusat dan provinsi, termasuk upaya menjalin kerja sama dengan pihak investor terus dilakukan.  [©-ant/aj]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Pemkab Gorontalo Sediakan Bus Gratis untuk Pelajar-Mahasiswa dan Pekerja

Gorontalo,   Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menyediakan enam unit ang…