Home KAWANUA KAWANUA KEPULAUAN SANGIHE 13 WN Filipina Dipulangkan dari Sangihe

13 WN Filipina Dipulangkan dari Sangihe

0
0
2,130

Warga negara Filipina yang masuk secara ilegal ini sudah dipulangkan ke negara asalnya setelah berkonsultasi dengan Konsulat Jendral Filipina di Manado.

CELEBES NEWS – Kantor Imigrasi Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara memulangkan 13 orang warga negara Filipina, yang ditemukan memasuki wilayah kepulauan Sangihe secara ilegal.

“Kami telah memulangkan 13 warga negara Filipina yang masuk ke wilayah Sangihe secara ilegal,” kata Aditio Ariwibowo, Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Tahuna, Rabu (26/7/2017).

Menurut dia, ke-13 warga negara Filipina itu ditemukan sudah berada di wilayah Indonesia tanpa memiliki dokumen yang sah dan tidak melapor di Kantor Imigrasi Tahuna. “Dari hasil pemeriksaan, ternyata 13 warga Filipina ini sudah berada di Kabupaten Sangihe dan tidak memiliki dokumen yang sah, masuk tidak melalui jalur resmi,” kata dia.

Dia mengatakan, warga negara Filipina yang masuk secara ilegal ini sudah dipulangkan ke negara asalnya setelah berkonsultasi dengan Konsulat Jendral Filipina di Manado. “Warga negara Filipina yang masuk secara ilegal sudah dikembalikan ke negara Filipina melalui Rumah Deteksi Dini Manado,” kata dia.

Imigrasi Tahuna terus memantau keberadaan warga negara asing di wilayah Kabupaten Sangihe dan Sitaro serta Talaud sebagai daerah perbatasan. “Imigrasi Tahuna terus melakukan pengawasan terhadap keberadaan warga negara asing yang masuk secara ilegal ke wilayah Indonesia,” kata dia.

Dia juga mengimbau kepada semua masyarakat agar menyampaikan laporan ke kantor Imigrasi apabila mengetahui ada warga negara asing yang masuk secara ilegal. “Kami sangat membutuhkan peran serta dari masyarakat untuk memberikan laporan kepada petugas Imigrasi bila mengetahui keberadaan WNA yang masuk secara ilegal ke Kabupaten Sangihe,” kata dia. [©-ant/to]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Petani Tomat Minta Pemerintah Sediakan Pupuk Bersubsidi

Tomat dan kebutuhan pokok masyarakat lainnya seperti cabai dan bawang sampai saat ini masi…