Home KAWANUA KAWANUA BITUNG Proyek Reklamasi Pelabuhan Bitung Jadi Sorotan

Proyek Reklamasi Pelabuhan Bitung Jadi Sorotan

0
0
2,750

Proyek tersebut harus kembali dipertimbangkan pihak perusahaan dan pemerintah. Tak hanya mempengaruhin faktor lingkungan, namun pada pariwisata Kota Bitung.

CELEBES NEWS – rencana perluasan lahan dan dermaga di Pelabuhan Bitung menjadi sorotan masyarakat. Pasalnya, proyek pemerintah dengan anggaran ratusan miliar untuk menjadikan Indonesia bagian Timur sebagai pintu gerbang Indonesia di Asia Pasifik sangat menganggu biota laut selat Lembeh.

Menurut salah seorang aktivis Lembeh Bersatu, Muzaqir Polo Boven, PT.Pelabuhan Indonesia (Persero) sedang melakukan reklamasi laut yang ada disekitar pelabuhan Petikemas Bitung. Namun sangat disayangkan ketika proyek reklamasi seluas 5 hektar itu berjalan biota laut menjadi korban.

“Sebagai warga tentunya kami sangat mendukung program pembangunan di Kota Bitung. Tetapi, terkait reklamasi seluas 5 hektar itu perlu kajian mendalam dari pihak pemerintah, diantaranya menyangkut kajian lingkungan,” ujarnya, Selasa (25/7/2017).

Dia mengatakan, jika proyek tersebut berjalan, penyempitan selat Lembeh akan terjadi, sehingga berpengaruh terhadap keluar-masuknya alur kapal maupun perahu nelayanyang akan menyebabkan biota laut terancam.

“Perlu diingatkan, Kota Bitung mempunyai banyak spot wisata untuk menyelam, kalau proyek ini penanganannya asal-asalan, terumbu karang bisa terancam, apalagi ketika menggunakan pasir gunung bercampur dengan tanah, endapan lumpur itu akan terbawah oleh arus,” kata Boven.

Proyek tersebut harus kembali dipertimbangkan pihak perusahaan dan pemerintah. Tak hanya mempengaruhin faktor lingkungan, namun pada pariwisata Kota Bitung. Boven berharap, reklamasi dilakukan di lokasi yang lebih efektif dan efisien.

“Pihak-pihak terkait harus seriusi masalah ini. Awalnya, kami tahu sewaktu pimpinan Pelindo yang lama sempat menyatakan, bahwa Izin lingkungannya dari pusat dan belum keluar. Katanya terkait perencanaan proyek ini akan melibatkan masyarakat Pulau Lembeh, perlu dipernyatakan masyarakat mana yang dilibatkan,” paparnya. [©-ybr/ik]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

4 Anak Beragama Kristen Ikut Khitanan Massal

Panitia juga menggelar donor darah. Dari 39 pendaftar, hanya 28 yang bisa diambil darahnya…