Home KAWANUA KAWANUA MANADO Oktober, KPU Sosialisasikan Sistem Informasi Parpol

Oktober, KPU Sosialisasikan Sistem Informasi Parpol

0
0
2,569

Sipol akan memudahkan partai politik yang akan diverifikasi dalam pendaftaran Pilkada berbasis online.

CELEBES NEWS – Menyongsong Pilkada serentak yang akan diselenggarakan pada 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado akan mengadakan verifikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Verifikasi Sipol ini diterapkan KPU Pusat agar lebih akuntabel dan transparan.

Komisioner KPU Kota Manado Rommy Poli SH MA menyatakan, Sipol akan memudahkan partai politik yang akan diverifikasi dalam pendaftaran Pilkada berbasis online. “Rencananya Sipol ini akan disosialisasikan kepada para partai politik peserta Pilkada 2019 pada Oktober nanti, sambil menunggu arahan dari KPU Provinsi Sulawesi Utara,” ujarnya ketika ditemui di Kantor KPU Manado, Selasa (11/7/2017).

Seperti diketahui, berdasarkan evaluasi KPU, salah satu permasalahan pemilu sebelumnya adalah administrasi. Dengan Sipol ini, parpol dapat melakukan input dan mengirim dokumen. Sipol juga memungkinkan keterlibatan publik untuk memantau proses verifikasi.
Sipol adalah sistem informasi partai politik berbasis web. Parpol calon peserta pemilu harus melakukan input data parpol, seperti profil, kepengurusan, domisili, dan keanggotaan. [©-fhm/ton]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

HUT Manado ke-395, Jim Tindi: Tak Ada Perubahan Yang Cerdas di Kota Manado

MANADO, Mantan aktivis 98, Jim Tindi menilai, hampir 8 tahun terakhir kepemimpinan GSVL-MO…