Home KAWANUA KAWANUA SULUT Polri Tingkatkan Profesionalisme & Perbaiki Kultur

Polri Tingkatkan Profesionalisme & Perbaiki Kultur

0
0
2,500

Polri berkembang sangat pesat. Saat ini, organisasi Polri terdiri dari 33 Polda, 461 Polres, dan 4.872 Polsek dengan total 423.624 personel.

CELEBES NEWS – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Bambang Waskito menyatakan, Polri berupaya melakukan pembenahan internal dan meningkatkan kinerja melalui peningkatan profesionalisme, memperbaiki kultur yang lebih positif, serta manajemen media. Hal ini disampaikan Kapolda dalam syukuran memperingati Hari Bhayangkara ke-71 di halaman Mapolda Sulut, Senin (10/7/2017) pagi.

“Usaha tersebut mulai menampakkan hasil positif, yang ditunjukkan dengan meningkatnya kepercayaan publik. Berdasarkan survey pada awal 2016, Polri termasuk salah satu institusi yang kurang dipercaya public namun pada awal 2017 telah naik ke papan tengah,” jelasnya.

Dalam acara syukuran itu, Kapolda mengaku Polri telah berkembang sangat pesat. “Saya bersyukur bahwa Polri masih ‘survive; sebagai organisasi, bahkan berkembang menjadi institusi penting serta menjadi salah satu pilar perekat keutuhan NKRI. Saat ini, organisasi Polri terdiri dari 33 Polda, 461 Polres, dan 4.872 Polsek dengan total 423.624 personel,” papar Kapolda saat membacakan amanat Kapolri.

Polri semakin memperkuat diri dengan pembentukan struktur baru, antara lain pembentukan Korpolairud, Korbinmas, dan Korsabhara serta pembentukan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim, Direktorat Keamanan Khusus Baintelkam, dan Biro Multimedia Divhumas. Di tingkat Polda, telah terbentuk dua polda baru, yaitu Polda Sulawesi Barat dan Polda Papua Barat, 11 Polres baru, 99 Polsek baru, serta 144 Polsubsektor.

“Delapan Polda dinaikkan dari tipe B, yang dipimpin oleh seorang brigadir jenderal, menjadi tipe A yang dipimpin seorang inspektur jenderal. Juga dilakukan peningkatan dua tipe polres dari tipe B, yang dipimpin oleh seorang ajun komisaris besar polisi (AKBP), menjadi tipe A yang dipimpin seorang komisaris besar (Kombes),” ungkap Waskito.

Polri bukan hanya milik polisi semata namun milik kita semua, baik pemerintah maupun masyarakat. “Karena itu, dukungan dan doa dari semua pihak sangat kami butuhkan guna mewujudkan harapan pemerintah dan masyarakat,” tandasnya.

Kapolda menambahkan, momentum ulang tahun ini dijadikan ajang evaluasi diri. “Kita evaluasi selama satu tahun, merumuskan kerja lagi, apa yang kira-kira perlu kita tambah, kita koreksi untuk tahun depan,” tandas Kapolda.

Acara syukuran dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, Forum Pimpinan Daerah Sulawesi Utara, Forkopimda Manado, dan sejumlah pimpinan instansi pemerintah dan swasta. Puncak syukuran ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolda Sulut didampingi Ketua Bhayangkari Sulut Ny Ruthy Bambang Waskito. Potongan tumpeng kemudian diserahkan kepada Gubernur Sulut. [©-rfm/ton]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Budayawan Asal Sulut Angkat Bicara Soal Bendi

Manado, Budayawan Sulawesi Utara ini juga menambahkan bahwa, sebagai alat transportasi tra…