Home PROVINSI SULUT PEMPROV SULUT Kementerian PPPA Diharapkan Latih Perempuan Sulut

Kementerian PPPA Diharapkan Latih Perempuan Sulut

0
0
2,429

Semakin banyak lapangan pekerjaan tersedia yang membutuhkan SDM berkualitas dapat mencegah kejahatan perdagangan orang.

CELEBES NEWS – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) diharapkan ikut meningkatkan kapasitas perempuan Sulawesi Utara melalui pelatihan. Hal itu diungkapkan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

“Geliat pariwisata semakin positif sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke destinasi-destinasi wisata di daerah ini. Ini adalah peluang yang dapat dimaksimalkan kaum perempuan,” kata Gubernur, Minggu (9/7/2017).

Menurut Olly, majunya sektor pariwisata tidak hanya dilihat dari keunikan destinasi wisata semata tetapi juga peran sumberdaya manusia yang bisa mengelolanya.

“Saya harap Kementerian PPPA dapat mengadakan pelatihan untuk perempuan Sulut di bidang pariwisata sehingga mereka bisa menjadi pemandu wisata, bekerja di hotel atau lapangan kerja lainnya yang berkaitan dengan wisata,” ujarnya.

Semakin banyaknya lapangan pekerjaan tersedia yang diikuti kualitas sumberdaya manusia (SDM) dapat mencegah kejahatan perdagangan orang.

“Angka perdagangan manusia saat ini jauh berkurang dibandingkan dengan dua tahun lalu. Ini terjadi karena jumlah lapangan pekerjaan yang semakin banyak dan sosialisasi dari pemerintah yang terus berjalan,” paparnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menambahkan, saat ini wisatawan Tiongkok mendominasi angka kunjungan wisata di provinsi berpenduduk lebih dari 2,5 juta jiwa itu.

Hal ini, kata dia, tidak bisa dipisahkan dari upaya keras pemerintah daerah dalam membuka penerbangan langsung menuju Kota Manado dari sejumlah kota di Tiongkok.

“Kita butuh sumberdaya yang bisa berkomunikasi bahasa Mandarin. Ini, sekali lagi, peluang yang bisa dimanfaatkan kaum perempuan. Mereka butuh dilatih agar memiliki kompetensi,” tandasnya. [©-ant/ike]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

BMKG Sulut: Waspadai Cuaca Ekstrem Hari Kamis

Manado, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara berharap warga …