Home KAWANUA KAWANUA KEPULAUAN SANGIHE Petani Tomat Minta Pemerintah Sediakan Pupuk Bersubsidi

Petani Tomat Minta Pemerintah Sediakan Pupuk Bersubsidi

0
0
2,575

Tomat dan kebutuhan pokok masyarakat lainnya seperti cabai dan bawang sampai saat ini masih di datangkan dari Manado sebab hasil panen petani Sangihe masih sangat kurang.

CELEBES NEWS – Petani tomat di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara meminta pemerintah setempat segera menyiapkan pupuk bersubsidi. “Kami minta pemerintah segera menyediakan pupuk untuk kebutuhan petani tomat,” kata Dikson Bangonan, warga kecamatan Tahuna Barat, Kamis, (6/7/2017).

Menurut dia, permasalahan yang dihadapi petani tomat khususnya di wilayah Tahuna Barat karena tidak ada pupuk bersubsidi yang dijual di daerah tersebut. “Sampai saat ini kami harus membeli pupuk di luar daerah,” kata Dikson.

Akibat kekurangan pupuk, kata Dikson, hasil panen tanaman tomat tidak sesuai yang diharapkan. “Hasil panen tomat saat ini sangat sedikit sehingga tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan petani,” kata dia.

Dia mengatakan, untuk memperoleh pupuk petani harus mengeluarkan uang lebih karena harus membeli di luar daerah seperti Manado dan sekitarnya sebab di Tahuna tidak tersedia.

“Kami sangat membutuhkan pupuk untuk meningkatkan hasil tanaman tomat akar bisa mendatangkan keuntungan bagi petani,” kara dia.

Dia berharap pemerintah daerah melalui dinas teknis segera memperhatikan keluhan masyarakat termasuk petani tomat.

Tomat dan kebutuhan pokok masyarakat lainnya seperti cabai dan bawang sampai saat ini masih di datangkan dari Manado sebab hasil panen petani Sangihe masih sangat kurang.

“Kami tidak sangat berharap pupuk ada dijual di Sangihe sehingga kami tidak perlu lagi membeli di luar daerah,” tutup Dikson. [©-ant/ike]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

13 WN Filipina Dipulangkan dari Sangihe

Warga negara Filipina yang masuk secara ilegal ini sudah dipulangkan ke negara asalnya set…