Home PROVINSI SULUT PEMPROV SULUT Permintaan Biji Pala ke Italia Meningkat

Permintaan Biji Pala ke Italia Meningkat

0
0
2,602

Pasar Italia masih sangat terbuka untuk pengiriman biji pala asal Sulut, karena masyarakat disana sangat meminati pala tersebut.

CELEBES NEWS – Memiliki rasa dan bau sedap yang khas, biji pala asal Provinsi Sulawesi Utara menjadi pengekspor ke ke empat negara pada Januari 2017, salah satunya adalah Italia.

“Setiap bulan terjadi pengiriman produk turunan pala asal Sulut ke Italia, bahkan terus mengalami peningkatan,” kata Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut, Jenny Karouw, Jumat, (7/7/2017).

Jenny menyebutkan, biji pala yang diekspor ke Italia pada Juni 2017 sebanyak 14,8 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 103.600 dolar Amerika Serikat (AS).

Dia mengatakan, biji pala asal Kabupaten Kepulauan Sitaro Provinsi Sulut sangat diminati oleh Italia karena kualitasnya berbeda dengan daerah lain. “Ciri khas produk biji pala Sulut sangat unik dengan aroma yang jauh lebih berkualitas,” ujar Karouw.

Pasar Italia masih sangat terbuka untuk pengiriman biji pala asal Sulut, karena masyarakat disana sangat meminati pala tersebut. Karouw menjelaskan, pala asal Sulut diklaim salah satu yang terbaik di dunia, sehingga pasar Eropa sangat meminatinya. Selain Italia yang menjadi tujuan ekspor pala, yakni Belanda, Jerman dan Inggris.

“Kami harap petani dan pengekspor dapat memanfaatkan peluang ini, dengan meningkatkan produksi dan kualitas produk,” terangnya.

Untuk masuk pasar Eropa ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi, namun selama ini produk pala Sulut sudah mampu memenuhinya, sehingga kegiatan ekspor berjalan dengan baik.

“Pemerintah akan terus memfasilitasi para pengekspor Sulut dalam pengurusan surat keterangan asal (SKA) dan surat lainnya, guna kelancaran ekspor,” tutupnya. [©-ant/ike]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

BMKG Sulut: Waspadai Cuaca Ekstrem Hari Kamis

Manado, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara berharap warga …