Home GORONTALO PROVINSI GORONTALO PEMPROV GORONTALO Gorontalo Belajar Pengembangan Bawang Merah ke Majalengka

Gorontalo Belajar Pengembangan Bawang Merah ke Majalengka

0
0
2,111

Gubernur bersama Bupati Pohuwato akan mengirim petani belajar sistem terasering di Majalengka, dan nantinya pemerintah daerah akan menyediakan lahan bagi mereka untuk pengembangan Bawang Merah.

CELEBES NEWS – Pemerintah Provinsi Gorontalo akan mengirim beberapa petani untuk belajar pengembangan Bawang Merah di dataran tinggi seperti di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie megungkapkan, pada dasarnya pengembangan Bawang Merah sudah ada di beberapa kabupaten dan sebagian di Kota Gorontalo, namun yang menarik untuk dipelajari adalah pengembangannya di dataran tinggi atau sistem terasering.

“Ini sangat menarik bagi saya, meksipun memanfaatkan dataran tinggi, namun kelestarian lingkungan khususnya kawasan berbukit juga tetap terjaga,” ujarnya, Jumat (7/7/2017).

Dia mengatakan, kondisi perbukitan seperti di Kabupaten Majalengka juga sama dengan di Gorontalo namun tidak terkelola dengan baik, sehingga sistem ini nanti akan dikembangkan. Dia juga mengaku, saat mengunjungi kawasan pertanian Bawang Merah dengan sistem terasering di Kabupaten Majalengka, dimana sebagian besar yang mengelolahnya adalah kaum perempuan.

“Nantinya pengembangan di Gorontalo akan melibatkan juga ibu rumah tangga, sehingga mampu untuk menambah pendapatan ekonomi mereka,” kata Rusli.

Pihaknya bersama Bupati Pohuwato akan mengirim petani belajar sistem terasering di Majalengka, dan nantinya pemerintah daerah akan menyediakan lahan bagi mereka untuk pengembangan Bawang Merah.

“Banyak lahan perbukitan yang tidak dikelola lagi oleh perusahaan karena sudah tidak ada izin, sehingga nantinya pemerintah daerah akan menjadikanya pusat pengembangan Bawang Merah sistem terasering,” jelas Rusli. [©-ant/ike]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Provinsi Gorontalo Jadi Yang Pertama Paparkan KLHS RPJMD 2018-2022

Gorontalo, Provinsi Gorontalo merupakan daerah pertama menyelesaikan Kajian Lingkungan Hid…