Home GORONTALO PROVINSI GORONTALO PEMPROV GORONTALO Atasi Kemacetan, Jalan Tenilo-Iluta Dibangun

Atasi Kemacetan, Jalan Tenilo-Iluta Dibangun

0
0
1,914

Menurut Idris, jalan Tenilo-Iluta sangat strategis dan akan berdampak positif pada objek wisata yang ada di sekitarnya seperti Benteng Otanaha, Pendaratan Soekarno, dan Makam Ju Panggola.

CELEBES NEWS – Pemerintah Provinsi Gorontalo membangun jalan baru dari Kelurahan Tenilo, Kota Gorontalo, hingga ke Desa Iluta, Kabupaten Gorontalo. Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi kemacetan sekaligus menunjang objek wisata.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan, jalan tersebut memiliki panjang 4,3 kilometer dan pekerjaannya telah dimulai pada tahun sebelumnya. Jalan yang akan dibangun ini ini masuk dalam kawasan areal penggunaan lain (APL).

“Dari segi lingkungan tidak bermasalah, namun dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Gorontalo, kawasan ini masuk dalam kawasan lindung. Tapi Wali kota sudah menyurat akan merevisi RTRW,” ujarnya, Jumat, (7/7/20170.

Menurut Idris, jalan Tenilo-Iluta sangat strategis dan akan berdampak positif pada objek wisata yang ada di sekitarnya seperti Benteng Otanaha, Pendaratan Soekarno, dan Makam Ju Panggola. Selain itu, akses jalan yang baru ini juga dapat meningkatkan dan memperlancar lalu lintas barang dan jasa. “Jika jalan ini sudah bisa digunakan maka Kota Gorontalo bisa dikembangkan, demikian juga Kecamatan Batudaa dan sekitarnya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Teknis Bina Marga Dinas PU Provinsi Gorontalo Richie mengungkapkan, ruas jalan Tenilo-Iluta merupakan akses baru menuju ke arah Bandara Djalaludin melalui ruas Batudaa-Isimu.

“Studi kajian pembangunan jalan ini sudah dilakukan sejak tahun 2013 dan kemudian di DED (detail engeneering design) pada tahun 2016, kemudian studi amdal dan UKLUPL (upaya kelola lingkungan dan upaya pemantauan lingkungan) pada tahun 2016,” jelasnya. [©-ant/ike]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Provinsi Gorontalo Jadi Yang Pertama Paparkan KLHS RPJMD 2018-2022

Gorontalo, Provinsi Gorontalo merupakan daerah pertama menyelesaikan Kajian Lingkungan Hid…