Home GORONTALO KABUPATEN GORONTALO PEMKAB GORONTALO Pemkab Gorontalo Utara Bidik 10.000 Wisman Tiongkok

Pemkab Gorontalo Utara Bidik 10.000 Wisman Tiongkok

0
0
2,543

Peluang meningkatkan kunjungan wisman diharapkan tercapai dengan adanya rencana investasi Rp20 miliar.

CELEBES NEWS – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, membuka peluang bagi investor untuk membuka destinasi wisata baru guna merealisasikan target 10 ribu wisatawan mancanegara asal Tiongkok per tahun.

“Pemkab berencana mengembangkan beberapa pulau menjadi objek wisata bahari, dan destinasi unggulan, dan membuka peluang bagi investor yang serius,” kata Wakil Bupati Gorontalo Utara Roni Imran, Rabu, (5/7/2017).

Wisman asal Tiongkok, kata Roni, banyak berkunjung ke Indonesia, di antaranya Provinsi Sulawesi Utara, dan Bali, padahal Gorontalo punya keungulan komparatif dari aspek jarak tempuh, yakni hanya tiga jam penerbangan dari Tiongkok ke Gorontalo.

Dia menyatakan, target Pemkab Gorontalo 10 ribu kunjungan wisman asal Tiongkok per tahun, belum termasuk dari negara-negara Eropa, dan Asia Tenggara. “Keberadaan Pulau Saronde dan keindahan bawah laut Gorontalo, mampu menaikkan peluang tingginya kunjungan wisman,” kata Roni.

Peluang meningkatkan kunjungan wisman diharapkan tercapai dengan adanya rencana investasi Rp20 miliar. Pemkab sendiri akan memberikan dukungan bagi para investor, berupa kemudahan perizinan dan peningkatan infrastruktur khususnya jalan maupun fasilitas transportasi.

Selain itu, keterlibatan masyarakat akan didorong dalam rangka kesiapan menerima kunjungan wisman dalam jumlah yang lebih banyak lagi.

Ada 52 pulau yang tersebar dari ujung Atinggola hingga Tolinggula, dua di antaranya berpenghuni yaitu Pulau Dudepo dan Ponelo, tiga lainnya dilindungi, dan sisanya diharapkan mampu dikolaborasikan dengan pihak investor untuk pengembangan objek pariwisata bahari sebagai destinasi baru dan unggulan daerah ini. [©-ant/ike]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Pemkab Gorontalo Sediakan Bus Gratis untuk Pelajar-Mahasiswa dan Pekerja

Gorontalo,   Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menyediakan enam unit ang…