Home KAWANUA KAWANUA KOTA GORONTALO Harga Tomat di Gorontalo Melonjak

Harga Tomat di Gorontalo Melonjak

0
0
2,375

Selain stok di pasaran sudah kosong, tingginya permintaan dari konsumen ikut memicu harga tomat, meskipun pasca Lebaran.

CELEBES NEWS – Harga tomat di sejumlah pasar tradisional Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo melambung tinggi hingga Rp40 ribu/kg. Sejumlah pedagang di Pasar Sentral Kota Gorontalo terpaksa hanya menjual tomat lokal, lantaran stok tomat dari luar daerah kosong.

Sugiharto Haji , salah seorang pedagang dari pasar tersebut mengatakan, harga tomat semula Rp8.000/kg menjadi Rp40 ribu/kg. Biasanya, hanya naik hingga Rp22 ribu/kg. Namun, pada hari Rabu (5/7/2017), mencapai Rp40 ribu.”Harga dari petani juga sangat tinggi. Oleh karena itu, kami menyesuaikan saja,” ujarnya.

Selain stok di pasaran sudah kosong, tingginya permintaan dari konsumen ikut memicu harga tomat, meskipun pasca Lebaran. “Biasanya tomat dari Sulawesi Tengah masuk kepada kami. Namun, saat ini kosong, tidak ada pengiriman, ditambah lagi kegagalan panen di daerah penghasil tomat, Kabupaten Gorontalo,” kata Haji.

Sementara itu, salah seorang pembeli mengaku cukup terkejut dengan kenaikan harga tomat yang relatif sangat memberatkan masyarakat. “Harganya terlampau mahal, biasanya harga normal hanya Rp8.000/kg, bahkan pada bulan puasa, paling tinggi sebesar Rp18 ribu/kg,” kata Farida Bing.

Dia berharap, ada langkah dari pemerintah setempat agar harga tomat tidak memberatkan masyarakat.

Sebelumnya, BPS Provinsi Gorontalo mencatat tomat adalah satu dari lima komoditas penyebab inflasi tertinggi, yakni 0,23 persen di Kota Gorontalo pada bulan Juni 2017. [©-ant/ike]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Sjafrudin Mosii Temui Megawati Minta Dukungan di Pilwako Gorontalo.

Auditor Utama BPK wilayah timur Indonesia Sjafrudin Mosii, mengaku telah menemui ketua umu…