Home KAWANUA KAWANUA GORONTALO Pramuka Menumbuhkan Jiwa Patriotisme dan Semangat Juang

Pramuka Menumbuhkan Jiwa Patriotisme dan Semangat Juang

0
0
2,123

Pramuka merupakan salah satu wadah untuk membentuk mental anak bangsa serta dapat mengembalikan jiwa patriotisme dan semangat juang.

CELEBES NEWS –  Ketua Kwartir cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Fory Naway mengatakan Pramuka merupakan salah satu wadah untuk membentuk mental anak bangsa.

“Permasalahan yang paling mendasar saat ini adalah terdegradasinya mental-mental anak bangsa,” kata Fory saat memimpin rapat pembentukan pengurus baru Kwarcab Pramuka Kabupaten Gorontalo, Selasa (4/7/2017).

“Maka sudah sewajarnya kita mewariskan mental anak bangsa yang besar melalui gerakan Pramuka,” jelas Fory.

Terkait kepengurusan baru, ia menegaskan kepada pengurus yang nantinya akan dikukuhkan, harus dapat bekerjasama dan selalu mengedepankan nilai-nilai Pramuka.

Sedangkan untuk persiapan Raimuna atau pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar di Indonesia diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka, Fory mengatakan bahwa pihaknya sudah siap.

“Setelah diseleksi, sudah terpilih 26 anak yang akan mengikuti Raimuna pada bulan agustus nanti. Untuk persiapan tambahannya, kami akan bina dari sisi seni budaya,” ujar Fory.

“Kita latih mereka dengan tarik suara, kesenian terutama tarian budaya daerah, agar anak-anak ini siap menampilkan budaya-budaya khas Budaya Gorontalo,” ia menambahkan.

Sementara itu Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo yang turut hadir pada rapat tersebut mengungkapkan bahwa Pramuka adalah organisasi yang mengembangkan generasi daerah.

Pramuka punya dasar hukum yang baik dan infrastukturnya bagus. Maka dengan hadirnya dan terpilihnya ketua Kwarcab baru diharapkan untuk melakukan pembenahan kepengurusan yang baru.

“Ini menjadi bagian yang kita benahi, kita juga akan benahi keorganisasian sampai ketingkat bawah, yaitu kwarcab, ranting sampai dengan gugus depan termasuk saka-saka yang ada, bahkan membuat program dan bumi perkemahan,” ujar Bupati Nelson. [©-ant/aja]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

PLN Secepatnya Perbaiki Sistem Pemadaman Listrik SultGo

Manado, PT PLN Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) secepatnya akan…