Home CAKRAWALA MANCANEGARA Mantan Hakim Perancis, Catherine Marchi-Uhel Ditunjuk Oleh Sekjen

Mantan Hakim Perancis, Catherine Marchi-Uhel Ditunjuk Oleh Sekjen

0
0
2,097

PBB, Antonio Guterres, untuk mengepalai Badan Penyelidik PBB untuk membantu mencatat dan menuntut semua pelanggaran serius terhadap hukum internasional di Suriah.

CELEBES NEWS – Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menunjuk akhli hukum dan mantan hakim Prancis, Catherine Marchi-Uhel untuk mengepalai Badan Penyelidik PBB untuk membantu mencatat dan menuntut semua pelanggaran serius terhadap hukum internasional di Suriah termasuk kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Jurubicara PBB Stephane Dujarric mengumumkan penunjukkan itu hari Senin (3/7/2017) waktu setempat. Catherine Marchi-Uhel selama ini bertugas sebagai ombudsperson pada Komite Dewan Keamanan yang memantau sanksi terhadap ekstremis negara Islam dan al-Qaida.

Meskipun ditentang keras oleh Suriah dan sekutunya Russia, Majelis Umum yang beranggota 193 negara Desember 2016 lalu memutuskan membentuk sebuah badan baru ‘untuk secara dekat berkordinasi’ dengan Independent International Commission of Inquiry on Syria yang dibentuk Dewan Hak Asasi Manusia PBB yang berkedudukan di Jenewa. Komisi itu mengatakan tahun lalu bahwa kejahatan perang ‘merajalela’ di Suriah. [©-voa/i501]

https://www.voaindonesia.com/

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Implementasi Peningkatan Kerja Sama Ekonomi D-8

Istanbul, Wakil Presiden Jusuf Kalla akan melaksanakan pertemuan para pemimpin D-8 yang di…