Home KAWANUA KAWANUA SULUT Kesejahteraan Petani Sulut Menurun Tipis

Kesejahteraan Petani Sulut Menurun Tipis

0
0
1,099

Sejak Agustus 2013 hingga saat ini, NTP Sulawesi Utara masih berada di bawah 100, keadaan ini menunjukan daya beli maupun kesejahteraan petani belum membaik dibanding kondisi pada tahun 2012 (tahun dasar).

CELEBES NEWS – Tingkat kesejahteraan petani di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengalami penurunan tipis di bulan Juni 2017 jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

“Nilai Tukar Petani (NTP) di Sulawesi Utara pada Juni 2017 turun 0,03 persen, dari nilai 92,43 pada bulan Mei menjadi 92,40 di bulan Juni,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulut Moh Edy Mahmud, Senin, (3/7/2017).

Dia mengatakan, tingkat kesejahteraan petani tercermin dari naik turunnya NTP di daerah tersebut. Secara umum, kata Edy, penurunan NTP disebabkan oleh kenaikan harga bahan pokok mendekati Lebaran, pola kenaikan harga bahan pokok ini selalu berulang terjadi setiap tahunnya dan terjadi hampir seluruh bahan pangan strategis yang dibutuhkan masyarakat sehari-hari.

“Nilai NTP secara YoY (tahun ke tahun) juga mengalami penurunan 4,74 persen. Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian (NTUP) mengalami kenaikan 0,95 persen dari 102,35 pada bulan Mei naik menjadi 103,32 di bulan Juni 2017,” ujarnya.

Sejak Agustus 2013 hingga saat ini, NTP Sulawesi Utara masih berada di bawah 100, keadaan ini menunjukan daya beli maupun kesejahteraan petani belum membaik dibanding kondisi pada tahun 2012 (tahun dasar).

Diperoleh dari pemantauan harga komoditi di perdesaan, secara umum dapat digambarkan menurunnya nilai NTP karena kenaikan harga bahan untuk konsumsi rumah tangga, seperti tomat, cabe, bawang putih dan komoditi lainnya.

Ini dapat dilihat dari nilai tukar usaha pertanian yang mengalami kenaikan 0,95 persen, ketika komsumsi rumah tangga dimasukkan dalam perhitungan NTP malah mengalami penurunan. [©-ant/ike]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Budayawan Asal Sulut Angkat Bicara Soal Bendi

Manado, Budayawan Sulawesi Utara ini juga menambahkan bahwa, sebagai alat transportasi tra…