Home PROVINSI SULUT PEMPROV SULUT Harga Komoditas Vanili di Sulut Tembus Rp2 Juta/Kg

Harga Komoditas Vanili di Sulut Tembus Rp2 Juta/Kg

0
0
1,490

Tingginya harga vanili dari Sulawesi Utara sangatlah wajar, pasalnya komoditas tersebut merupakan kualitas nomor satu di Indonesia.

CELEBES NEWS – Harga komoditas vanili di sentra perdagangan Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hingga menembus angka Rp2 juta/kg. “Sejak lebaran harga vanili sudah naik hingga Rp2 juta per kilogram,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Jenny Karouw, Senin, (3/7/2017).

Jenny mengatakan, harga vanili di sentra perdagangan Kota Manado mengalami peningkatan 700 persen jika dibandingkan kondisi normal hanya Rp250.000/kg. Hal tersebut disebabkan, petani tidak memiliki stok komoditas vanili untuk dijualn namun permintaan akan vanili cukup tinggi.

Dia menjelaskan, Fenomena kenaikan harga vanili memang rentan terjadi, sebab hal itu bagian dari hukum pasar. “Jika terjadi kelangkaan komoditi, harganya pasti akan naik. Namun ketika komoditinya berlimpah, maka harga akan turun drastis. Kondisi saat ini berdasarkan pengamatan kami, masyarakat sudah ramai-ramai menanam Vanili. Bisa jadi ketika musim panen tiba, harganya akan turun,” papar Jenny.

Dia juga menerangkan, tingginya harga vanili dari Sulawesi Utara sangatlah wajar, pasalnya komoditas tersebut merupakan kualitas nomor satu di Indonesia. Terkait kualitas Vanili, kata Jenny, Sulut bersaing dengan Vanili dari Bali. Tapi tetap Vanili dari Sulawesi Utara yang unggul. “Untuk itu, pemerintah mengajak petani agar rajin menanam vanili, bukan hanya ketika harga komoditi tertentu menjadi mahal baru menanam,” tutupnya. [©-ant/ike]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

BMKG Sulut: Waspadai Cuaca Ekstrem Hari Kamis

Manado, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara berharap warga …