Home GORONTALO KABUPATEN BONE BOLANGO DPRD KABUPATEN BONE BOLANGO Harapan DPRD, SPN Bisa Memberikan Pelatihan Pada Calon Polisi

Harapan DPRD, SPN Bisa Memberikan Pelatihan Pada Calon Polisi

0
0
932

Hadirnya SPN Gorontalo, diharapkan dapat memberi pelatihan bagi putra-putri terbaik Gorontalo dalam pembentukan fisik, karakter dan mental.

CELEBES NEWS – Ketua DPRD Kabupaten Bone Bolango, Faisal Mohi berharap Sekolah Polisi Negara (SPN) Gorontalo bisa memberikan pelatihan kepada putra-putri terbaik daerah, sebelum membuka perekrutan calon anggota Polri.

Menurutnya dengan kehadirnya SPN Gorontalo, membuka peluang bagi putra-putri terbaik Gorontalo untuk direkrut menjadi angota polri mengabdikan dirinya kepada bangsa dan negara.

“Kami berharap ada semacam pelatihan dasar kepada mereka, tentang kepolisian yang menjurus pada pembentukan baik fisik, karakter dan mental,” kata Faisal di Gorontalo, Minggu (2/7/2017).

Dengan demikian, para peserta sudah memiliki pengetahuan dasar saat akan melamar menjadi calon anggota Polri. “Fisik dan karakter mereka sudah terbentuk, terlebih mental mereka lebih teruji lagi”. Pelatihan awal atau pra perekrutan, pihak kepolisian akan lebih mudah memilih kader terbaik dan tidak memaksakan orang yang tidak memenuhi syarat.

Pemerintah mendukung penuh hadirnya SPN di Gorontalo mengingat selama ini putera daerah yang ingin masuk polisi harus melalui pendidikan di luar daerah. “Belum lagi harus bersaing dengan putra-putri terbaik dari daerah lain, yang memang mereka diuntungkan dengan keberadaan SPN yang ada di daerah mereka,” ujarnya.

SPN ini sudah mulai beroperasi, jumlah anggota kepolisian di Gorontalo lebih akan bertambah dan kekosongan anggota Bhabinkamtibmas di beberapa desa akan teratasi. Jika SDM Polri banyak pengawasan terutama di daerah yang rawan kriminal dan wilayah perbatasan akan lebih baik.

SPN Gorontalo tidak hanya untuk pelatihan anggota kepolisian yang baru direkrut, namun pemerintah daerah bisa juga memanfaatkan fasilitas dan tenaga pengajar yang ada untuk pembinaan anggota Polisi Pamong Praja. Tidak menuntut kemungkinan anggota Polisi Pamong Praja yang dimiliki daerah bisa disekolahan di SPN Gorontalo, untuk menambah kapasitas dan kemampuan mereka.

“Daerah tentu punya sejumlah objek vital yang membutuhkan satpam atau tenaga pengamanan diluar Satpol PP, ini yang bisa diupayakan agar daerah kita mengirimkan SDM kita untuk belajar disana,” tutup Faisal. [©-ant/aja]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

APBD Bone Bolango 2017 Ditetapkan Rp869 Miliar

Penetapan alokasi anggaran belanja modal diharapkan dapat diprioritaskan pada pembangunan …