Home CAKRAWALA MANCANEGARA Trump-Erdogan Bahas Pertikaian Qatar

Trump-Erdogan Bahas Pertikaian Qatar

0
0
743

Kedua presiden tersebut, membicarakan solusi untuk mengatasi krisis tersebut.

CELEBES NEWS – Presiden Amerika Serikat Donald Trump, menghubungi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melalui sambungan telepon. Pasalnya, Trump membahas terkait pertikaian antara Qatar dan beberapa negara Arab , Jumat (30/6/2017).

Kedua presiden tersebut, membicarakan solusi untuk mengatasi krisis tersebut. Yakni, dengan memastikan seluruh negara untuk bekerja sama menghentikan aliran dana bagi teroris, dan bertekad memerangi ideologi ekstremis.

Sementara, Pemutusan hubungan diplomatik terhadap Qatar yang dilakukan Arab Saudi dan sekutu-sekutunya bersumber dari tuduhan bahwa Qatar mensponsori sejumlah kelompok ekstremis yang membuat Timur Tengah tidak stabil.

Tudingan itu bukanlah yang pertama kali dikemukakan negara-negara tetangga Qatar. Pada 2014, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Bahrain menarik duta besarnya dari Qatar karena Qatar disebut mencampuri urusan dalam negeri sesama anggota Dewan Kerja Sama Teluk atau GCC. Saat itu ketegangan diplomatik berlangsung selama sembilan bulan.

Wilayah yang memutuskan hubungan dengan Qatar diantaranya, Bahrain, Mesir, Arab Saudi dan Persatuan Emirat Arab. [©-voa/ike]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Implementasi Peningkatan Kerja Sama Ekonomi D-8

Istanbul, Wakil Presiden Jusuf Kalla akan melaksanakan pertemuan para pemimpin D-8 yang di…