Home GORONTALO PROVINSI GORONTALO PEMPROV GORONTALO Pemerintah Operasikan Posko Yankes Hingga 11 Juli

Pemerintah Operasikan Posko Yankes Hingga 11 Juli

0
0
695

Posko tersebar mulai dari Kabupaten Bone Bolango, Kota Gorontalo, Boalemo, Pohuwato, Kabupaten Gorontalo di jalur selatan, hingga Gorontalo Utara di jalur trans bagian utara.

CELEBES NEWS – Pemerintah akan mengoperasikan posko pelayanan kesehatan (yankes) di sepanjang Jalan Trans Sulawesi hingga 11 Juli 2017.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Dinkes Provinsi Gorontalo Nisma Abdurahman mengatakan, posko tersebut untuk melayani warga yang mengalami gangguan kesehatan atau cedera dalam perjalanan saat arus mudik maupun arus balik Lebaran 2017.

“Kami melayani sampai selesai arus balik. Walaupun jalur Trans Sulawesi tidak sepadat di Jawa atau daerah lain, tapi kami tetap mengantisipasi segala kemungkinan yang ada,” ujarnya.

Pada setiap posko, kata dia, warga dapat singgah untuk mendapatkan pengobatan secara gratis. Sedangkan, bagi yang mengalami kecelakaan, akan mendapatkan pelayanan langsung di puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Dia menjelaskan, seluruh puskesmas, rumah sakit dan staf Dinas Kesehatan turun langsung untuk mengisi posko-posko pelayanan kesehatan pada unit masing-masing.

“Setiap puskesmas bertanggungjawab atas satu posko, masing-masing posko sudah ada tenaga medis yang bertugas menangani pasien atau warga,” paparnya.

Posko tersebut tersebar mulai dari Kabupaten Bone Bolango, Kota Gorontalo, Boalemo, Pohuwato, Kabupaten Gorontalo di jalur selatan, hingga Gorontalo Utara di jalur trans bagian utara.

Nisma menambahkan, setiap puskesmas juga menyiagakan mobil ambulans dan menyiapkan unit gawat darurat meskipun ada puskesmas yang tidak memiliki fasilitas rawat inap.

Dia berharap para pengendara dapat memanfaatkan pelayanan posko, sekecil apa pun gangguan kesehatan yang dialami dalam perjalanan mudik dan balik ke Gorontalo.

“Kami juga bekerjasama dengan pihak kepolisian, terutama untuk penanganan korban-korban kecelakaan jika ada. Polisi akan segera memanggil bila dibutuhkan,” kata Nisma. [©-ant/ike]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Provinsi Gorontalo Jadi Yang Pertama Paparkan KLHS RPJMD 2018-2022

Gorontalo, Provinsi Gorontalo merupakan daerah pertama menyelesaikan Kajian Lingkungan Hid…