Home KOTA KOTA KOTAMOBAGU PEMKOT KOTAMOBAGU Kotamobagu Siap Wakili Sulut Dalam Perhitungan Inflasi dan Deflasi

Kotamobagu Siap Wakili Sulut Dalam Perhitungan Inflasi dan Deflasi

0
0
2,502

Kepala Bank Indonesia mengatakan BPS pasti tahu, indikator apa saja yang akan dipantau dari Kotamobagu.

CELEBES NEWS – Kotamobagu siap menjadi wilayah yang dihitung atau dicatat kenaikan dan penurunan inflasi/deflasinya mewakili Provinsi Sulawesi Utara, selain yang selama ini sudah berlangsung di Kota Manado.

“Selama ini hanya Kota Manado yang mewakili 15 kabupaten dan kota di Sulut yang menjadi tempat pencatatan inflasi,” jelas Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara di Manado, Senin (26/6/2017).

Tatong mengatakan pihaknya sudah siap menjadi salah satu kota pencatatan inflasi/deflasi, karena wilayahnya telah mulai berkembang. Penghitungan inflasi, katanya, diserahkan langsung kepada Badan Pusat Statistik (BPS) karena mereka yang ditugaskan pemerintah pusat.

Kepala BPS Sulut Moh Edy Mahmud mengatakan, inflasi di Indonesia juga masih memiliki perbedaan antara inflasi perdesaan dengan inflasi perkotaan. Inflasi perdesaan setiap bulannya biasanya cenderung lebih tinggi dibandingkan inflasi perkotaan. Salah satu penyebabnya adalah produksi manufaktur yang masih dijual dengan harga tinggi di perdesaan.

“Inflasi perdesaan yang tinggi itu disebut asimetrik information, artinya ketika ada kenaikan harga di kota ditransaksikan secara cepat ke desa, namun ketika ada penurunan harga tidak ditransmisikan secara cepat ke desa,” jelas Kepala BPS. [©-ant/aja]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Wali Kota Ajak Masyarakat Lestarikan Adat dan Budaya Mongondow

KOTAMOBAGU, Wali Kota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara, mengajak seluruh elemen masyarakat untu…