Home KAWANUA KAWANUA KOTAMOBAGU Kopi Kotamobagu Percepat Pertumbuhan Ekonomi Sulut

Kopi Kotamobagu Percepat Pertumbuhan Ekonomi Sulut

0
0
2,490

Kantor Perwakilan BI ingin mengambil bagian dalam bentuk pendampingan, penelitian, dan pelatihan melalui pemberian bantuan teknis terprogram untuk kelompok usaha produktif daerah.

CELEBES NEWS – Pengembangan komoditas kopi dari hulu ke hilir di Provinsi Sulawesi Utara mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah. Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulut Soekowardojo mengatakan, pihaknya mengadakan kerjasama dengan Pemerintah Kota Kotamobagu untuk pengembangan komoditas kopi yang tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman.

Dia menjelaskan, Kantor Perwakilan BI ingin mengambil bagian dalam bentuk pendampingan, penelitian, dan pelatihan melalui pemberian bantuan teknis terprogram untuk kelompok usaha produktif daerah yang tergabung dalam kelompok petani kopi organik di Kotamobagu.

Soekowardojo berharap, klaster binaan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam perekonomian Kotamobagu dan Sulawesi Utara serta memberikan nilai tambah bagi kelompok tani dari sisi kompetensi dan pendapatan.

“Semoga langkah kita dalam upaya untuk melaksanakan pengembangan kapasitas ekonomi daerah, termasuk di antaranya yang berbasis pengembangan komoditas UMKM Unggulan,” paparnya.

Selama ini Kota Kotamobagu dikenal sebagai daerah penghasil kopi robusta terbesar di Sulawesi Utara, dengan kualitas yang tidak kalah dengan daerah penghasil kopi lainnya di Indonesia. Potensi geografis Kota Kotamobagu sangat mendukung untuk pengembangan komoditas kopi Kotamobagu karena memiliki ketinggian yang sesuai untuk budidaya kopi, khususnya kopi organik.

“Namun demikian, kita harus memaklumi bahwa potensi sumberdaya pertanian kopi saat ini belum tergali secara maksimal, yang terlihat dari masih terbatasnya jumlah ekspor kopi Kotamobagu ke luar daerah dan keluar negeri,” jelasnya.

Dari sudut pandang ekonomi, kopi merupakan salah satu komoditas yang penting bagi seluruh masyarakat dunia. Bukan hanya dari kenikmatan para konsumen peminum kopi namun bernilai ekonomis bagi negara-negara yang memproduksi dan mengekspor biji kopi.

Di Indonesia, kopi merupakan salah satu komoditas unggulan pada subsektor perkebunan Indonesia karena memiliki peluang pasar yang sangat besar baik di dalam maupun luar negeri. Kondisi geografis Indonesia yang beriklim tropis sangat sesuai untuk budidaya kopi sehingga Indonesia merupakan salah satu negara dengan produksi kopi tertinggi di dunia. “Saat ini sebagian besar produksi kopi Indonesia merupakan komoditas perkebunan yang dijual ke pasar dunia,” tutupnya. [©-ant/ike]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

BI Targetkan Ekspor Kopi Kotamobagu

Jenis kopi organik Kotamobagu ini termasuk robusta dan sangat diminati pasar Asia, Amerika…