Home KABUPATEN KABUPATEN BOLMONG PEMKAB BOLMONG 10 Warga Bolmong Positif HIV AIDS

10 Warga Bolmong Positif HIV AIDS

0
0
2,619

Dinas Kesehatan Pemkab Bolmong imbau masyarakat lebih berhati-hati menggunakan barang yang tidak steril.

CELEBES NEWS –  Warga Bolaang Mongondow (Bolmong) harus lebih berhati-hati. Pasalnya, penderita penyakit HIV AIDS di Bolmong terus  bertambah. Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong, 2017 ini ada sekitar sepuluh orang yang positif mengidap  penyakit mematikan tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Bolmong Julin Papuling mengatakan, 2016 lalu ada 24 warga yang positif mengidap penyakit HIV AIDS. Sementara 2017 ini, dari Januari hingga Juni, ada sepuluh orang yang sudah positif mengidap penyakit tersebut,” ungkapnya.

Ketika mendapati kasus sepuluh orang itu, pihaknya langsung melakukan penanganan. “Ada yang kita rawat di Puskesmas, kemudian langsung dirujuk ke Manado untuk melanjutkan pengobatan,” ungkapnya.

Warga harus selektif saat menggunakan alat-alat seperti gunting kuku, silet, juga barang lainnya yang biasa digunakan secara bergantian oleh banyak orang. “Memang harus berhati-hati menggunakan barang secara bergantian seperti itu. Apalagi kita tidak tahu apakah orang yang menggunakan barang itu sebelumnya mengidap penyakit menular atau tidak. Ditambah lagi kita tidak tahu kalau barang itu steril atau tidak,” himbau Julin.

Julin mencontohkan, penggunaan gunting kuku. Masih, kalau satu orang yang menderita penyakit HIV AIDS menggunakan gunting kuku sempat terluka, kemudian diganti dengan orang lainnya dan terjadi hal yang sama, otomatis itu akan tertular. “Intinya kita harus lebih hati-hati. Sebab, mencegah lebih baik daripada mengobati,” tutupnya.[©-bar/win]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Mangkir 1 Tahun, 2 ASN Dipecat Usai Lebaran

ASN yang dipecat berasal dari Perangkat Daerah Dinas Perpustakaan dan Rumah Sakit Datoe Bi…