Home KABUPATEN KABUPATEN BOLMONG PEMKAB BOLMONG Akhirnya, PT Conch North Sulawesi Cemen Menyerah

Akhirnya, PT Conch North Sulawesi Cemen Menyerah

0
0
2,990

PT Conch akhirnya bersedia memenuhi delapan syarat yang diajukan Pemkab Bolmong, salah satunya memrioritaskan tenaga kerja lokal.

CELEBES NEWS –  Ketegangan antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) dan PT Conch Norht Sulawesi Cemen akhirnya berakhir. Petingi manajemen PT Conch North Sulawesi Semen menemui Pemkab Bolmong yang dipimpin Bupati Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk STh MM di Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Bolmong, Senin (12/6/2017) sekitar pukul 14.00 Wita.

Pertemuan itu dihadiri juga oleh Ketua DPRD Bolmong Walty Komaling SE MM dan Asisten III Ir Roy Roring. Dalam pertemuan tertutup tersebut, PT Conch akhirnya bersedia memenuhi delapan syarat yang diajukan Pemkab Bolmong. Syarat tersebut antara lain memrioritaskan tenaga kerja lokal.

“Sebanyak 75% tenaga kerja PT Conch harus tenaga kerja lokal sedangkan asing hanya 25%, itu pun teknisi. Jumlah tenaga asing yang 25% tersebut secara bertahap akan digantikan oleh tenaga kerja lokal. Artinya terjadi transfer ilmu dari tenaga asing kepada tenaga lokal,” kata Yasti.

Suasana pertemuan PT Conch dan Bupati Bolmong Hj Yasti Soepredjo Mokoagow. | FOTO HUMAS PEMKAB BOLMONG

Pemkab Bolmong juga akan menempatkan humasnya di PT Conch. “Mereka juga siap melengkapi semua dokumen izin atau menaati aturan di Indonesia,” ujar Yasti saat konferensi pers.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas laporan pihak perusahaan ke Polda Sulut. “Laporan tersebut akan ditarik. Anggota Satpol-PP yang ditahan kepolisian akan segera dibebaskan,” tutur Yasti.

Menurut Bupati, semua poin yang diajukan Pemkab Bolmong telah disepakati PT Conch. Dengan demikian, tidak ada yang merugikan Pemkab Bolmong, khususnya masyarakat.

Ketua Komisi I DPRD Bolmong Yusra Alhabsyi SE mendukung penuh langkah Pemkab Bolmong dalam menyikapi masalah dengan perusahaan asal China tersebut. “Saya sepakat dengan poin yang diajukan Pemkab Bolmong karena sangat menguntungkan daerah. Saya juga memberikan apresiasi atas langkah tegas Pemkab Bolmong. Saya mengajak seluruh masyarakat Bolmong untuk mendukung Pemkab Bolmong,” ucap Ketua DPC PKB Bolmong ini.

Saat disingung delapan poin yang disepakati tersebut, Pihak PT Conch mengaku siap untuk menjalankannya. [©-bar/win]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Mangkir 1 Tahun, 2 ASN Dipecat Usai Lebaran

ASN yang dipecat berasal dari Perangkat Daerah Dinas Perpustakaan dan Rumah Sakit Datoe Bi…