Home KAWANUA KAWANUA KEPULAUAN TALAUD Gempa Talaud Akibat Pegeseran Lempeng Maluku Utara

Gempa Talaud Akibat Pegeseran Lempeng Maluku Utara

0
0
2,736

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa bumi yang terjadi memiliki mekanisme yang didominasi pergerakan dalam arah vertikal (oblique thrust).

CELEBES NEWS – Hasil analisis yang dilakukan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, gempa bumi dengan kekuatan magnitude 5,2 SR di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Senin (12/6/2017) pukul 11.30.32 WIB, akibat pergeseran pada lempeng Maluku Utara.

“Berdasarkan kedalamannya, tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi hiposenter dangkal akibat aktivitas penyesaran pada lempeng Maluku Utara,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Moch Riyadi dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin (12/6/2017).

Menurut dia, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi yang terjadi memiliki mekanisme yang didominasi pergerakan dalam arah vertikal (oblique thrust). Selain itu, hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Karena itu warga di pesisir pantai Kepulauan Talaud diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Riyadi.

Riyadi menjelaskan, pusat gempa bumi terletak pada koordinat 3,93 Lintang Selatan- 126,85 Bujur Timur, tepatnya di laut pada jarak 19 km arah tenggara Kepulauan Talaud Sulawesi Utara pada kedalaman 40km. Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan bahwa gempa tersebut dirasakan lemah dan tidak menimbulkan kerusakan.

“Ini sesuai dengan informasi masyarakat menunjukkan bahwa di wilayah Melonguane mengalami guncangan lemah pada skala intensitas I SIG-BMKG atau II MMI, yang artinya guncangan gempa dirasakan hanya oleh beberapa orang,” tutupnya. [©-ant/ike]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Presiden RI ke Manado, PLN Suluttenggo Diduga Sengaja Padamkan Listrik

Manado, Kedatangan Presiden RI, Joko Widodo dan Ibu negara Iriana Joko Widodo ke Kota Mana…