Home DENGAR PALAKAT DENGAR PALAKAT KOTA GORONTALO Tak Mampu Bayar RP200 Ribu Siswi SMPN 6 Gorontalo Dipersulit Dapatkan SKHUN

Tak Mampu Bayar RP200 Ribu Siswi SMPN 6 Gorontalo Dipersulit Dapatkan SKHUN

0
0
2,364

Seorang siswa SMP Negeri 6 Kota Gorontalo, FA, mengaku dipersulit mendapatkan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari pihak sekolah karena tidak mampu membayar uang perpisahan.

CELEBES NEWS – Orang tua FA, Fatma Radjak mengatakan pihak sekolah mewajibkan setiap orang tua siswa membayar sebesar Rp200 ribu sebagai uang perpisahan, agar siswa tersebut bisa memperoleh SKHUN.

“Saya tidak mampu membayarnya, karena membesarkan sendiri FA. Kesulitan itu sudah saya jelaskan kepada pihak sekolah. Padahal SKHUN itu penting buat anak saya mendaftar di SMA,” ungkapnya di Gorontalo.

Ia kemudian diminta oleh pihak sekolah untuk menandatangani surat pernyataan kesediaan membayar, setelah menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dari pemerintah.

Kepala Sekolah SMPN 6, Zumerti Abdul Madjid membantah pihaknya mempersulit siswa untuk mendapatkan SKHN tersebut.

“Siswa yang tidak bisa membayar kami minta membuat surat keterangan tidak mampu, dan SKUHN kami berikan. Nah kasus FA ini seharusnya juga demikian, orang tuanya hanya perlu membuat surat pernyataan saja,” tukasnya.

Zumerti menyatakan dirinya telah bertemu dengan orang tua FA dan menjelaskan hal itu, namun SKHUN belum dikeluarkan hari itu juga karena kendala teknis yakni pegawai sedang keluar sekolah.

Ia mengungkapkan pihak sekolah bahkan sebelumnya telah menggratiskan uang perpisahan tersebut kepada 12 siswa tidak mampu.

Menurutnya uang perpisahan dan besarannya merupakan kesepakatan orang tua siswa sejak tujuh bulan lalu, tanpa ada paksaan dari pihak sekolah.

“Uang ini dicicil juga boleh. Dua ribu rupiah per hari juga silahkan. Kami tidak memaksa bila ada yang tak mampu,” tambahnya.[(c)-ant/i501]

 

  • Tarif PDAM Kota Gorontalo Bakal Naik

    IPA Bulota bisa menghasilkan air 80 kubik per detik dan melayani Kecamatan Kota Tengah, Ko…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Tarif PDAM Kota Gorontalo Bakal Naik

IPA Bulota bisa menghasilkan air 80 kubik per detik dan melayani Kecamatan Kota Tengah, Ko…