Home GORONTALO KABUPATEN BOALEMO PEMKAB BOALEMO Zakat Fitrah Bone Bolango Ditetapkan Rp27 Ribu

Zakat Fitrah Bone Bolango Ditetapkan Rp27 Ribu

0
0
2,500

Penentuan besaran zakat fitrah telah disepakati Pemkab setempat bersama unsur terkait, seperti tokoh agama dan masyarakat.

CELEBES NEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menetapkan besaran zakat fitrah 2017 sebesar Rp27 ribu. Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam di Kementerian Agama Bone Bolango Jasmin Hilomalo mengatakan, besaran itu naik sebesar seribu rupiah dibandingkan tahun lalu.

“Kenaikan zakat fitrah kami tentukan berdasarkan kebutuhan pokok di daerah. Misalnya beras saat ini telah mengalami kenaikan harga, besaran zakat fitrah juga naik,” katanya, Kamis (8/6/2017).

Penentuan besaran zakat fitrah telah disepakati Pemkab setempat bersama unsur terkait, seperti tokoh agama dan masyarakat. Mereka mulai menyosialisasikan kenaikan zakat fitrah kepada masyarakat di Bone Bolango. Sosialisasi dilakukan melalui pertemuan di masjid dan balai desa.

“Zakat fitrah akan diberikan kepada masyarakat kurang mampu, para janda, dan mualaf yang tersebar di Kabupaten Bone Bolango,” katanya.

Penyaluran zakat fitrah dilakukan melalui badan amil yang dibentuk di masing-masing desa dan kelurahan. Tugas mereka juga mengumpulkan zakat fitrah dari warga setempat.

Penyaluran ini dianggap lebih mudah karena diserahkan langsung ke perangkat desa. Sebelum khatib turun dari mimbar, zakat fitrah sudah disalurkan. “Jika lewat dari batas itu, bukan lagi zakat fitrah namanya,” tutup Jasmin. [©-ant/ton]

  • Yasti Jadi Jaminan Penangguhan Penahanan Satpol PP

    Surat permohonan penangguhan penahanan sudah dilayangkan ke Polda Sulut. Kini, kuasa hukum…
  • Lorem Ipsum

    "Neque porro quisquam est qui dolorem ipsum quia dolor sit amet, consectetur, adipisci vel…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Yasti Jadi Jaminan Penangguhan Penahanan Satpol PP

Surat permohonan penangguhan penahanan sudah dilayangkan ke Polda Sulut. Kini, kuasa hukum…