Home GORONTALO KABUPATEN GORONTALO UTARA PEMKAB GORONTALO UTARA 10 Ribu Sertifikat Tanah Gratis untuk Warga Gorut

10 Ribu Sertifikat Tanah Gratis untuk Warga Gorut

0
0
2,614

Sosialisasi sudah dilakukan di empat desa dan akan berlanjut hingga 10.000 bidang tanah tercapai.

CELEBES NEWS – Melalui Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap, Kantor Pertanahan Wilayah Kabupaten Gorontalo Utara memberikan fasilitas pengurusan sertifikat tanah secara gratis. Program tersebut akan memberikan sertifikat untuk tanah masyarakat yang belum bersertifikat.

“Untuk Kabupaten Gorontalo Utara, tersebar di 11 kecamatan. Luasan totalnya untuk 10.000 bidang tanah,” ujar Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Gorontalo Utara, Supran Amuati di Gorontalo, Kamis (8/6/2017).

“Sosialisasi sudah dilakukan di empat desa dan akan berlanjut hingga 10.000 bidang tanah tercapai. Saat ini, sosialisasi sementara bergulir di pusat ibu kota kabupaten atau di Kecamatan Kwandang.” ujarnya.

Sosialisasi menghadirkan pemerintah desa, kecamatan, masyarakat pemilik tanah, Lembaga Sosial Masyarakat (LSM), Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh adat dan agama. Sosialisasi menekankan agar pelaksanaan program sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo, yaitu memfasilitasi pengurusan sertifikat tanah secara gratis.

Manfaat kepemilikan sertifikat tanah sangat banyak, termasuk menghindari sengketa terhadap status kepemilikan tanah. Supran memastikan, program tersebut gratis dan pelaksanaannya benar-benar transparan. Masyarakat juga mendapat kemudahan dalam pengurusan melalui loket yang disiapkan agar terhindar dari aksi percaloan.

“Masyarakat pemilik tanah hanya wajib memasukkan identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), bukti pembayaran pajak tahun berjalan, dan alas hak seperti surat tanah atau surat jual beli maupun surat warisan,” tutupnya. [©-ant/tan]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Serapan APBD Gorontalo Utara Belum Capai 50 Persen

Serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Goro…