Home GORONTALO KABUPATEN GORONTALO UTARA PEMKAB GORONTALO UTARA Juli, Kapal Tongkang Layani Ponelo Kepulauan

Juli, Kapal Tongkang Layani Ponelo Kepulauan

0
0
2,848

Pembangunan di wilayah kecamatan serta desa-desa pesisir yang sulit dijangkau melalui darat, perlu didukung alat transportasi yang memadai.

CELEBES NEWS – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo telah menyiapkan kapal tongkang untuk memenuhi keperluan transportasi angkutan peralatan besar dan logistik ke Ponelo Kepulauan dan pulau-pulau yang ada di perairan itu. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gorontalo Utara Nasution Djou di Gorontalo, Senin (5/6/2017) mengatakan, Pemkab membuat satu kapal tongkang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2016 sebesar Rp1,9 miliar.

“Kapal tongkang menggunakan mesin 2×40 PK segera beroperasi pada Juli 2017 untuk memenuhi keperluan transportasi di wilayah kepulauan dan sekitarnya,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pembangunan di wilayah kecamatan, khususnya Ponelo Kepulauan dengan penduduk mencapai 4.000 jiwa, ditambah Pulau Dudepo di Kecamatan Anggrek berpenduduk 2.000 jiwa, serta desa-desa pesisir yang sulit dijangkau melalui darat, di antaranya Desa Mutiara Laut, perlu didukung dengan alat transportasi yang memadai. Kapal tongkang yang bermanfaat untuk angkutan barang keperluan pembangunan infrastruktur di wilayah-wilayah tersebut.

Tongkang juga berfungsi untuk pengangkutan logistik maupun hasil bumi dalam jumlah besar dari dan ke wilayah kepulauan. Operasional kapal tongkang di daerah itu diperlukan untuk memperlancar pembangunan.

Rencananya, setelah diresmikan pada Juli mendatang, Pemkab akan menerbitkan peraturan yang akan mengatur pemanfaatan kapal tongkang agar keberadaannya benar-benar bermanfaat bagi masyarakat dan pembangunan wilayah kepulauan. Selain itu, menurut Nasution, pengelolaan yang tepat akan mendorong pendapatan asli daerah terhadap kepemilikan kapal tongkang oleh pemerintah daerah, yang rencananya akan sandar di Pelabuhan Nusantara Kwandang. [©-ant/ton]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Serapan APBD Gorontalo Utara Belum Capai 50 Persen

Serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Goro…