Home CAKRAWALA HUKUM Bakamla Selaraskan Konvensi Hukum Laut Internasional

Bakamla Selaraskan Konvensi Hukum Laut Internasional

0
0
2,567

Dengan pertemuan berbagai negara pantai di Asia dan Australia ini, Bakamla RI berharap dapat menyelaraskan pemahaman negara-negara pantai terhadap perjanjian laut internasional.

CELEBES NEWS – Memasuki hari kedua Maritime Security Desktop Exercise (MSDE) 2017, para peserta mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang Konvensi Hukum Laut Internasional. Penjelasan itu disampaikan dua narasumber dari The Australian National Centre for Ocean Resources and Security (ANCORS) di Ballroom Hotel Aryaduta, Manado, Selasa (9/5/2017).

Prof Stuart Kaye dan Dr Chris Rahman menyampaikan materi United Nations Convention on The Law of the Sea 1982 (UNCLOS 82), norma hukum sekaligus pedoman bagi negara dalam mengatur aspek hukum dan kedaulatan di laut. Topik UNCLOS 1982 diangkat dalam MSDE ke-8 untuk menyamakan  persepsi negara-negara pantai terhadap aturan yang tertuang dalam UNCLOS 82.

Dalam penjagaan wilayah maritim, setiap negara terikat dengan aturan internasional. Dengan pertemuan yang melibatkan delegasi dari berbagai negara pantai di Asia dan Australia, Bakamla RI berharap dapat menyelaraskan pemahaman negara-negara pantai terhadap perjanjian laut internasional. Diharapkan, pelaksanaannya selalu dapat mengedepankan aturan yang telah disepakati dan ditaati.

Puluhan peserta dari 16 negara mengikuti perhelatan multilateral  yang merupakan bentuk kerjasama  Indonesia dan Australia. Mereka berasal dari Australia, Jepang, Srilanka, Thailand, Bangladesh, Malaysia, Laos, Kamboja, Papua Nugini, Myanmar, Taiwan, Timor Leste, Singapura, Filipina, Maladewa, dan Brunei Darussalam. [©- rfm/tan]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Aniaya Anak Buahnya, Wagub DKI: Silahkan Polisi Periksa Kasatpol PP DKI

JAKARTA, Wakil Gubernur DKI Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan mengusung praduga tak bersa…