Home KAWANUA KAWANUA MINAHASA Terlalu Mahal, Pedagang Tolak Lapak Pasar Kawangkoan

Terlalu Mahal, Pedagang Tolak Lapak Pasar Kawangkoan

0
0
2,498

Jika pedagang lokal tidak mampu membayar,  lapak akan diberikan kepada pedagang dari luar pasar.

CELEBES NEWS – Pedagang Pasar Kawangkoan merasa keberatan dengan kebijakan  CV INKA selaku pengelola pasar, yang mematok harga jual lapak sebesar Rp12,2 juta per lapak. Para pedagang hanya mampu membayar Rp3 juta per lapak.

“Kami keberatan dengan permintaan pengawas pasar JW yang meminta harga begitu besar,” ujar Jor Rompas, salah seorang pedagang di Pasar Kawangkoan, Senin (8/5/2017).

Rompas menambahkan, jika para pedagang setempat tidak mampu membayar dengan harga tersebut,  pengelola akan menawarkan lapak  kepada pedagang dari luar pasar yang mampu membayarnya.

Roy Polla dari Lembaga Pemberantasan Korupsi (LPK) Minahasa menyatakan, dirinya sangat kecewa dengan pihak pengelola yang memeras para pedagang setempat dengan harga tinggi.

“Kami sudah melaporkan kepada Bupati Minahasa, Polres, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) tapi sampai saat ini belum ada tanggapan,” jelas Polla, anggota LPK Minahasa.

Tokoh masyarakat Berty Mendur mengingatkan, lahan untuk Pasar Kawangkoan merupakan hibah dari masyarakat Kawangkoan pada 1967. Idealnya, Pasar Kawangkoan harus berpihak pada masyarakat setempat.

“Ini kan tanah rakyat. Kenapa pihak pengelola yang diberi izin oleh pemerintah untuk membuat pasar lebih baik, justru mempersulit masyarakat setempat untuk jualan di tempat sendiri? Itu tidak baik dan harus ditindak,” tegas Mendur.

Saat Celebes News meminta Konfirmasi, belum ada jawaban dari Disperindag. [©-yjw/tan]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ratusan Polisi Amankan Pentahbisan Uskup

Syamsubair menjelaskan, hingga saat ini kondisi di lokasi masih aman dan terkendali. …