Home KAWANUA KAWANUA BITUNG Kepala SMK Negeri 2 Bitung Bantah Isu Pungutan

Kepala SMK Negeri 2 Bitung Bantah Isu Pungutan

0
0
3,120

Iuran Rp100 ribu  merupakan prakarsa orangtua melalui komite sekolah untuk acara  siswa.

CELEBES NEWS – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Bitung menuai protes dari orang tua/wali siswa. Mereka diminta membayar sejumlah uang ketika mengambil hasil ujian nasional, beberapa waktu lalu.

Pungutan dengan nominal  Rp100 ribu itu dipertanyakan sejumlah  orangtua siswa.  Kebijakan sekolah  dinilai memberatkan mereka.

Salah seorang  orangtua siswa yang identitasnya enggan dipublikasikan mengatakan, pihak sekolah memberlakukan pungutan karena belum ada dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Apa benar untuk mengambil hasil ujian diharuskan membayar Rp100 ribu? Yang kami ketahui, sudah  tidak ada pungutan apa-apa lagi di setiap  sekolah,” ungkap orangtua siswa tersebut, Jumat (5/5/2017) lalu.

Saat dikonfirmasi secara langsung, Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Bitung Harold Tambayong sedang tidak berada sekolah. “Pak Kepsek sedang tugas di luar,” ungkap salah seorang staf saat ditemui di lobi SMK Negeri 2 Bitung, seraya mengarahkan untuk menghubungi Kepala Jurusan (Kajur). Namun, ruangan-ruangan di sekolah sudah tampak sunyi.  Kajur yang menangani jurusan teknik gambar dan bangunan, sedang tidak berada di ruangan.

Saat dihubungi via whatsapp, Harold Tambayong membantah ada pungutan di sekolahnya. “Masalah ini orangtua yang berniat untuk membuat acara penamatan siswa. Semua itu diprakarsai oleh orangtua siswa, bukan saya atau guru-guru. Tidak seperti yang disampaikan tadi,” katanya.

“SMK 2 Bitung tidak pernah ada pungutan sejak tahun lalu. Sebelumnya saya sudah tanyakan kepada ketua komite sekolah, untuk acara kegiatan penamatan siswa, sesuai petunjuk teknis, tidak bisa didanai dengan penggunaan dana BOS,” jelasnya.

Saat dihubungi secara terpisah Kepala Dinas Pendidikan Kota Bitung Julius Ondang, menyampaikan dirinya akan mengkonfirmasi hal tersebut dengan pihak terkait. “Saya konfirmasikan dulu ke Kacabdis Minut dan Bitung,” jawabnya. [©-ybr/tan]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kota Bitung Jadi Pusat Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2018

MANADO – Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tahun 2018 akan digelar di …