Home CAKRAWALA HUKUM Mantan Bupati Bolmong Jadi Saksi Kasus Dana Audiensi

Mantan Bupati Bolmong Jadi Saksi Kasus Dana Audiensi

0
0
1,947

Dugaan JPU, ada intervensi  pejabat tinggi dalam kasus dugaan  penyelewengan dana audiensi.

CELEBES NEWS – Lanjutan persidangan dugaan korupsi dana audiensi Bolaang Mongondow (Bolmong) tahun 2012-2013, yang menyeret  tersangka ID, UP dan EK akan kembali digelar pekan ini. Mantan Bupati Bolmong Salihi akan menjadi saksi dalam persidangan ini.

“Kami telah jadwalkan 10 saksi akan hadir,  Salihi  termasuk di dalamnya,” jelas Jaksa Penuntut Umum (JPU) Alexander Sulung beberapa waktu lalu.

Dalam perkara ini, dugaan keterlibatan dari pejabat tinggi terus didalami. Pasalnya, sesuai dakwan JPU dan sejumlah keterangan saksi, perkara ini diduga ada intervensi pejabat tinggi.

Diketahui, ketiga terdakwa dikenai pasal 2 ayat 1 dan pasal 3 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) oleh pihak Sud Dit Tipikor Kepolisian Daerah Sulawesi Utara, dengan ancaman pidana penjara paling singkat empat tahun, dan denda paling sedikit Rp200 juta.

Dugaan penyelewengan yang dilakukan para tersangka, yakni program peningkatan kedinasan pelayanan bupati dan wakil bupati pada tingkat audiensi dialog dengan tokoh-tokoh masyarakat, pimpinan organisisasi sosial dan kemasyarakatan Kabupaten Bolmong tahun 2012-2013 dikelola oleh bagian umum Setda Bolmong. Kabag Umum memerintahkan Pejabat Pelaksanan Teknis Kegiatan (PPTK) untuk meminjam atau memerintahkan perusahanan rekanan dan mencairkan uangnya.

Selanjutnya, SPJ telah dibuat atau disiapkan lebih dulu oleh PPTK sehingga seolah-olah kegiatan dilaksanakan padahal fiktif. Kemudian dana dicairkan melalui rekening rekanan dan ditarik oleh PPTK berbentuk tunai. Kerugiaan negara akibat penyelewengan yang dilakukan ketiga tersangka ini berjumlah kurang lebih Rp2 miliar dari pagu anggaran Rp8 miliar. [©-all/aja]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

OTT Kalapas, Inneke Koesherawati Juga Keciduk KPK

JAKARTA, Kalapas tertangkap OTT KPK terkait jual beli izin napi untuk keluar lapas. …