Home CAKRAWALA OLAHRAGA Federasi Bola Basket Internasional Izinkan Pemain Putri Gunakan Hijab

Federasi Bola Basket Internasional Izinkan Pemain Putri Gunakan Hijab

0
0
1,394

Pemain bola basket putri kini diizinkan menggunakan hijab dalam pertandingan internasional, kata federasi bola basket internasional (FIBA).

CELEBES NEWS – Penutup kepala (Hijab-red), itu tadinya dilarang oleh FIBA karena dianggap bisa menimbulkan masalah keselamatan.

“Peraturan itu dikeluarkan karena di beberapa negara perempuan mengenakan pakaian tradisional, yang mengharuskan mereka menutupi kepala dan seluruh tubuh, yang tidak sesuai dengan peraturan FIBA,” kata sebuah pernyataan dalam website FIBA.

Badan internasional itu tahun 2014 mulai memberikan beberapa pengecualian atas larangan tadi, dan peraturan baru yang mengizinkan penggunaan hijab akan mulai berlaku bulan Oktober. Hijab itu harus disetujui oleh FIBA dan warnanya harus sama dengan warna seragam pemain.

Tahun 2014 tim bola basket putri Qatar menarik diri dari Asian Games karena dilarang menggunakan hijab. Badan yang mengatur sepakbola internasional, FIFA juga mengakhiri larangan penggunaan hijab tahun 2014, dengan syarat hijab itu harus terpisah dari kemeja dan warnanya sama dengan seragam yang dipakai. [©-voa/i501]

www.voaindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Libas Real Betis 5-0 Barcelona Kokoh di Puncak Klasemen Liga Spanyol

MADRID, Barcelona, satu-satunya tim yang belum terkalahkan di lima liga teratas Eropa, mem…