Home KABUPATEN KABUPATEN MINAHASA PEMKAB MINAHASA Minahasa Kembali Gelar Tondano Lake Marathon

Minahasa Kembali Gelar Tondano Lake Marathon

0
3
2,902

Lomba marathon Internasional ini digelar untuk mengundang wisatawan mancanegara melihat keindahan alam di Tanah Minahasa.

CELEBES NEWS –  Pemerintah Kabupaten Minahasa kembali mengelar lomba marathon internasional bertajuk Tondano Lake Marathon pada 1-6 Agustus 2017. Lomba mengelilingi Danau Tondano ini pernah digelar pada 2015 dan 2016 namun masih berskala nasional dan lokal. Lomba bertaraf  Internasional ini digelar untuk mengundang wisatawan mancanegara serta wisatawan lokal melihat keindahan alam di Tanah Minahasa.

Kesiapan lomba dibahas bersama dalam rapat koordinasi semua unsur terkait yang digelar di Ruang Sekretaris Daerah, Kamis (4/5/2017). Rapat dipimpin Sekretaris Daerah Pemkab Minahasa dan diikuti para kepala dinas, kepala bagian, serta Yayasan Kawanua se-Dunia. Rapat juga  dihadiri Ketua Panitia Mike Tumorang, Frank Malonda selaku promotor, serta utusan Pemprov Sulawesi Utara.

Dalam rapat ini dibahas rencana yang bakal dipersiapkan dalam Tondano Lake Marathon, di antaranya rute, peserta, serta akomodasi dalam even Internasional ini. Rute yang akan dilalui adalah seputar Danau Tondano. Lomba akan dibagi menjadi lima kategori, yaitu 42km, 20km, 10km, 5km, serta 2km.

“Kegiatan akan dilaksanakan 1-6 Agustus mendatang. Pesertanya adalah para atlet internasional dan atlet nasional. Lomba marathon ini sudah ketiga kali digelar di Tondano,” ujar Sekda Jefry Robby Korengkeng.

Untuk menyukseskan even internasional ini, Sekda mengharapkan kerjasama dengan semua instansi,  “Diminta kerjasama dari semua Instansi terkait, baik SKPD, para camat, Hukum Tua, maupun Yayasan Kawanua se-Dunia untuk menyukseskan kegiatan ini. Kita harus mempersiapkan semua keperluan yang dibutuhkan, di antaranya lokasi kegiatan, akomodasi, bahkan rute yang akan dilalui,” harap Robby.

“Kami juga akan meminta Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Minahasa untuk memperbaiki jalan yang akan dilalui para atlet. Kita harus berkomitmen menyukseskan kegiatan ini karena sukses itu tergantung kita,” ujar Robby.

Sejumlah kegiatan akan digelar di Tondano. Kabupaten Minahasa memiliki potensi besar untuk even bertaraf internasional karena memiliki sumberdaya alam yang sangat menunjang. [©-yjw/aja]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Dorong Kualitas Pendidikan, Pemkab Minahasa Gelontorkan Rp 325 Miliar

TONDANO, Upaya meningkatkan kualitas pendidikan dimulai dari tersedianya fasilitas memadai…