Home CAKRAWALA HUKUM Terdakwa Korupsi DPPKBMD Tomohon Dituntut 5 Tahun Penjara

Terdakwa Korupsi DPPKBMD Tomohon Dituntut 5 Tahun Penjara

0
0
2,378

Terdakwa JEI selaku PPK tidak melakukan pengkajian ulang dan tidak mengoreksi KAK pada Rencana Umum Pengadaan.

CELEBES NEWS – Nasib terdakwa JEI kian terpuruk. Hukuman penjara yang panjang mengintai mantan pejabat pembuat komitmen (PPK) tersebut. Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Tomohon, yang dipimpin Windhu Sugiarto, melayangkan tuntutan lima tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider enam bulan penjara.

Tuntutan itu disampaikan dalam persidangan di Pengadilan Negeri Manado, Rabu (3/5/2017) sore. “Menyatakan terdakwa secara sah dan terbukti bersalah melanggar Pasal 2 Ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia No20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU RI No31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Hal itu pun mengacu pada Pasal 3 UU RI No20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU RI No 31 Tahun 1999,” Jelas Windhu di hadapan Ketua Majelis Hakim Sugiyanto.

Mendengar tuntutan tersebut, JEI langsung menyatakan akan mengajukan pembelaan hukum. “Saya akan mengajukan pembelaan pada pekan depan,” kata JEI.

Kasus dugaan korupsi di DPPKBMD Tomohon yang melibatkan terdakwa JEI dan beberapa oknum lainnya, terjadi pada 2013 dengan nilai kontrak sebesar Rp1,874 miliar. Dalam perkara ini, terdakwa JEI selaku PPK tidak melakukan pengkajian ulang dan tidak mengoreksi kerangka acuan kerja (KAK) pada Rencana Umum Pengadaan.

Terdakwa JEI juga didakwa bersalah karena mengubah jenis pekerjaan dalam perhitungan HPS non hardware KAK, dari pekerjaan pengembangan aplikasi menjadi pekerjaan pengadaan barang, tanpa koordinasi dengan pengguna anggaran dan Pokja Pengadaan Barang. Akibatnya, terjadi kerugian negara sebesar Rp511 juta. [©-all/ton]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

RIP Adik Jessica, FLP2A Minta Polisi Tindak Tegas Pelaku

MANADO, Jessica Mananohas (10), gadis cantik asal desa Pintareng Kecamatan Tabukan Selatan…