Home CAKRAWALA Indonesia jadi role model bagi kebebasan pers di dunia

Indonesia jadi role model bagi kebebasan pers di dunia

0
0
2,429

INDONESIA dipercaya UNESCO sebagai tuan rumah World Press Freedom Day 2017

CELEBES NEWS – Penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah World Press Freedom Day 2017, menandakan Indonesia menjadi role model kebebasan pers dunia, tentunya ini adalah momen penting bagi perkembangan pers nasional, Jelas, Ketua Dewan Pers Yosef Adi Prasetyo dalam konferensi pers World Press Freedom Day 2017 di Jakarta Convention Center, Selasa 2 Mei 2017.

Ilustrasi Hoax. | FOTO ISTIMEWA.

Sampai saat ini dalam catatan Dewan Pers, telah ada 47 ribu media di Indonesia, terdiri dari 1500 media televisi, 43.300 media online dan sisanya media cetak. Oleh karenanya dalam kesempatan ini, Dewan Pers meminta kepada UNESCo untuk dapat melibatkan jurnalis Indonesia dalam setiap sesi diskusi di WPFD 2017. “Ini adalah momen yang membahagiakan karena Indonesia dipercaya UNESCO untuk menyelenggarakan ini.

Seiring dengan banyaknya media yang tumbuh di Indonesia, para jurnalis dalam negeri dinilai mempunyai pengalaman dalam menangani berita palsu alias hoax.

“Kita terkena hoax akibat isu politik yang meningkat. Ini (hoax) dibuat oleh media buzzer. Bukan hanya di Indonesia, Fake news juga menjadi permasalahan di Amerika, Rusia, dan Jerman. Informasi di Media sosial sangat minus klarifikasi dan verivikasi”, ujar nya tegas.

Dalam kesempatan yang sama, Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika menuturkan, hoax bukan hanya menjadi masalah nasional, namun sudah menjadi masalah global.
“Juru bicara Kemenlu (Kementerian Luar Negeri) Rusia meminta kepada PBB untuk membuat semacam strategi melawan hoax.

Ini artinya bukan dalam skala nasional saja, namun sudah menjadi global issue,” media online yang tersebar di jejaring sosial yang sekedar mementingkan kecepatan dan bukan akurasi merupakan asal penyebaran berita berita hoax ini. Kita minta media arus utama membantu menyaring penyebaran berita hoax ini,” tegas Rudiantara. [©-i501]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pembakaran Bendera Ekspresi Nasionalisme yang Keliru

JAKARTA – Pembakaran bendera bertuliskan kalimat tauhid, dengan alasan apapun, terma…