Home KOTA KOTA BITUNG Buruh Kota Bitung Soroti Kompetensi Disnakertrans

Buruh Kota Bitung Soroti Kompetensi Disnakertrans

0
0
2,360

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Bitung Drs Oktofianus Tumundo segera membentuk tim untuk mengatasi persoalan buruh.

CELEBES NEWS – Hari buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada 1 Mei dijadikan momentum bagi para buruh untuk melakukan aksi unjuk rasa di beberapa daerah di Indonesia. May Day di Kota Bitung digelar Selasa (02/05/2017), mundur satu hari dibandingkan daerah lain.

Dalam aksinya, ratusan buruh di Kota Bitung menyoroti kinerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) yang sudah bertahun-tahun belum mampu menuntaskan masalah ketenagakerjaan. Salah seorang penanggung jawab aksi, Rocky Oroh, menilai masalah tenaga kerja paling banyak berkaitan dengan Dinas Tenaga Kerja sehingga orang-orang di dalamnya harus berkompeten.

“Orang yang ditempatkan di Dinas Tenaga Kerja harus punya kompetensi. Jangan keahliannya di bidang lain tapi ditugaskan ke Disnaker. Ini kan aneh? Saya minta maaf, bukan menyalahkan siapa-siapa tapi sistem ini yang salah,” ucapnya dalam orasi.

Oroh meminta Pemerintah Kota Bitung segera membentuk tim khusus untuk menyelesaikan masalah ketenagakerjaan. “Karena masalah ini tidak ada habisnya dari tahun ke tahun, kami minta pemerintah dapat membentuk tim khusus untuk menyelesaikan masalah ini. Kami juga ingatkan kembali agar Pemerintah Kota Bitung menugaskan pejabat di Dinas Tenaga Kerja yang mempunyai dasar kuat atau pendidikan khusus,” lanjut Oroh.

Menanggapi pengunjuk rasa, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Bitung Drs Oktofianus Tumundo menyatakan, secepatnya tim ini harus dibentuk. Tidak perlu menunggu lama. Perwakilan buruh juga harus ada di dalam tim yang akan dibentuk.

“Saya sangat setuju kita membentuk tim, kalau boleh Kamis nanti sudah terlaksana. Kita rapat bersama dan bentuk tim. Hal ini akan segera dilaporkan kepada Walikota, saat ini juga selesai unjuk rasa supaya Kamis kita segera beraksi. Tidak usah tunggu lama-lama,” tegasnya.

“Kita komitmen, Kamis kita tegakkan kebenaran. Kalau ada yang salah, kita perbaiki. Semua poin yang disampaikan tadi harus kita laksanakan, kita benahi semua. Dari tahun ke tahun masalah-masalah ini terus yang disampaikan dalam unjuk rasa. Mudah-mudahan masalah-masalah tenaga kerja sudah berkurang, kalau perlu nol, sudah tidak ada masalah lagi. Mari kita kerja bersama agar semua persoalan terselesaikan dengan baik,” harap Tumundo di hadapan buruh. [©-ybr/ton]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pt Pelni Kota Bitung Menyediakan Enam Unit Kapal

CELEBESNEWS – Menjelang Mudik Lebaran Pt Pelni Kota Bitung Menyediakan Enam Unit Kap…