Home CAKRAWALA May Day Ditandai Perayaan dan Demonstrasi

May Day Ditandai Perayaan dan Demonstrasi

0
0
2,304

May Day Senin, 1/05/2017, adalah Hari Buruh Internasional, yang diperingati di seluruh dunia.

CELEBES NEWS – Para buruh, serikat pekerja dan aktivis berbaris di jalanan dan berkumpul di pusat-pusat kota untuk menghormati para pekerja di seluruh dunia.

Para pekerja dan anggota serikat pekerja di Filipina merayakan May Day dengan berbaris di jalan utama di ibu kota Manila.Kelompok hak asasi manusia dan serikat buruh juga telah menjadwalkan untuk melakukan demonstrasi di seluruh Manila.

Para buruh di Indonesia turun ke jalan-jalan di Jakarta, Senin (1/05/2017). Ribuan orang diperkirakan akan ikut bergabung pada siang harinya.

Kedua kandidat Presiden Perancis, Emanuel Macron yang berhaluan tengah dan Marine Le Pen yang konservatif, masing-masing akan mengadakan perkumpulan massa hari Senin (1/05/2017). Akan ada juga aksi demonstrasi yang menentang kedua kandidat itu.

Di AS, May Day telah bergeser dari Peringatan Hari Buruh ke Hari Imigran. Ribuan orang dari New York ke Los Angeles akan berunjuk rasa memprotes fokus Presiden Donald Trump yang meningkatkan deportasi. Mereka melakukan pemogokan dan meminta para imigran di beberapa Kota untuk menunjukkan kepada orang Amerika tentang apa hari tanpa imigran.

Kuba menghadapi perayaan May Day yang pertama tanpa Presiden Fidel Castro yang telah meninggal pada bulan November 2016 lalu. Senin (1/05/2017), juga akan menjadi May Day terakhir Presiden Raul Castro, yang telah berjanji untuk turun dari jabatannya pada bulan Februari 2018.

Ratusan ribu orang secara tradisional merayakan May Day di Havana’s Revolution Square dengan bendera Kuba dan potret Fidel Castro. [©-voa/i501]

http://www.voaindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

PDIP: Eleltabilitas Meningkat Bukti Jokowi Ada di Hati Rakyat

JAKARTA, “Dari survei lembaga yang kredibel menunjukkan Pak Jokowi ada di hati rakya…