Home PROFIL PROFIL POHUWATO Pantai Pohon Cinta, Destinasi Wisata Halal

Pantai Pohon Cinta, Destinasi Wisata Halal

0
0
2,770

Objek wisata Pantai Pohon Cinta menjadi destinasi unggulan di Provinsi Gorontalo dan akan menjadi ikon Kabupaten Pohuwato.

CELEBES NEWS    – Namanya unik: Pantai Pohon Cinta. Ya, lokasi wisata di Desa Pohuwato Timur, Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo ini menjadi salah satu lokasi wisata unggulan di kawasan timur Indonesia.

Dulu, pantai ini mengandung stigma negatif. Selain kerap dijadikan tempat pelesiran prostitusi, ada sederet warung remang-remang, tindak kriminal pun tak jarang terjadi di sana. Akibatnya, wisatawan enggan memilih kawasan ini untuk melepas penat. Apalagi lokasi itu terkesan kumuh. Tapi, itu cerita lama. Sekarang, Pohon Cinta kini sudah memikat dan semakin ramah untuk wisata keluarga.

Objek wisata ini dilengkapi fasilitas penunjang yang membuat pengunjung betah berlama-lama. Perubahan ini terjadi setelah pemerintah daerah melakukan renovasi. Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga menggelontorkan banyak anggaran untuk pembenahan objek wisata ini meski tanpa menghilangkan nama Pulau Cinta.

Kawasan ini ditata menjadi objek wisata religi. Dibangunkan masjid terapung dengan desain bangunan seperti orang sedang bersujud. Infrastrukturnya juga dibenahi dengan memperbaiki akses jalan dan menambah taman. Tak heran Pulau Cinta semakin nyaman dipandang.

Setelah beberapa tahun dikerjakan, objek wisata ini diresmikan oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie. Sepintas pantai ini mirip Pantai Losari di Makassar.

Bahkan, Pemkab Pohuwato menggelar acara khusus di lokasi ini untuk merayakan HUT Pohuwato. Festival Pohon Cinta akan digelar di Pantai Marisa, 1-5 Mei 2017. Festival unik yang diinspirasi dari pohon mangrove di tepi pantai ini diisi berbagai kegiatan kepariwisataan, seperti seni tradisi, lomba renang laut, parade perahu hias, layang-layang, sajian kuliner khas, hingga tawaran menginap di perkampungan wisata suku Bajo.

Festival Pohon Cinta adalah kegiatan tahunan yang menjadi sajian utama kepariwisataan Kabupaten Pohuwato.

Bupati Syarif Mbuinga mengatakan, objek wisata Pantai Pohon Cinta merupakan destinasi unggulan di Provinsi Gorontalo. Nantinya, lokasi ini akan menjadi ikon Kabupaten Pohuwato dan Provinsi Gorontalo.

Tidak hanya objek wisata pantai yang menjadi daya tarik tersendiri. Di lokasi itu tempat terjadinya perputaran ekonomi masyarakat, karena berbagai kerajinan tangan hingga kuliner khas bisa didapat langsung. Nantinya akan dibangun cottage, kafe, resto, taman bermain, wahana bermain air, hingga fasilitas olahraga bahari. [©-dari berbagai sumber]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *