Home KOTA KOTA BITUNG PEMKOT BITUNG Kota Bitung Peringkat 3 Perencanaan Kota Terbaik

Kota Bitung Peringkat 3 Perencanaan Kota Terbaik

0
0
2,176

Gubernur Sulut menegaskan, perencanaan pembangunan yang baik akan menentukan keberhasilan wilayah Sulawesi Utara.

CELEBES NEWS – Kota Bitung menduduki peringkat ketiga perencanaan kota terbaik se-Sulawesi Utara. Pengumuman pemenang dilakukan dalam rangkaian Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Tahun 2018 di Grand Kawanua International City, (GKIC) Manado, Selasa (25/4/2017).

Musrenbang juga diselingi penandatanganan berita acara pelaksanaan Musrenbang antara Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dengan para kepala daerah se-Sulut. Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban yang hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan, tema Musrenbang RKPD kali adalah meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang berkepribadian, melalui percepatan pembangunan ekonomi dan infrastruktur berwawasan lingkungan, menuju Sulut yang berdaya saing.

“Gubernur Olly juga menjelaskan jumlah usulan pembangunan dari kabupaten dan kota. Dalam proses dan tahapan penyusunan ini, jumlah usulan yang disampaikan seluruhnya 1.812 namun hanya 1.074 usulan yang diterima dan 738 usulan ditolak. Kota Bitung hanya menyampaikan 39 usulan, jumlah paling sedikit,” jelas Lomban.

Musrenbang RKPD resmi dibuka Gubernur Sulut lewat pemukulan Tetengkoren. Gubernur menyatakan, perencanaan pembangunan yang baik akan menentukan keberhasilan wilayah Sulut. Sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk melaksanakan  setiap aspek sebaik mungkin. “Kita harus mewujudkan Sulut yang berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik, dan berkepribadian dalam budaya” tambah Gubernur.

Menurut Walikota Bitung, Musrenbang merupakan sarana akhir untuk merumuskan rancangan RKPD sebelum ditetapkan dalam Peraturan Gubernur. “Kegiatan ini menjadi ajang untuk koreksi, klarifikasi, dan penajaman terhadap rancangan RKPD 2018,” tambah Lomban.

Turut hadir, Sekretaris Kemenko Perekonomian RI Dr Lukita Tuwo, Staf Ahli Menteri bidang Pemerataan dan Kewilayahan Kementerian PPN/Bappenas Taufik Hanafi, Kepala Badan Perencanaan Infrastruktur Wilayah Kementerian PUPR Ir Rido Matari Ichwan Mcp, Sekdaprov Edwin H Silangen SE MSi, serta jajaran Forkopimda dan pejabat lainnya. [©-rfm/tan]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Wakil Walikota Bitung Dorong Pencegahan Narkotika

Lingkungan berperan dalam membentuk karakter anak muda. Karena itu, pelajari lingkungan be…