Home KOTA KOTA BITUNG PEMKOT BITUNG Hari Otonomi Daerah, Momentum Tingkatkan Kinerja

Hari Otonomi Daerah, Momentum Tingkatkan Kinerja

0
0
2,061

Walikota meminta agar program pembangunan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat menjadi prioritas.

CELEBES NEWS – Pemerintah Kota Bitung menggelar upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-21. Upacara yang diikuti ratusan aparatur sipil negara (ASN) tersebut dilangsungkan di Lapangan Upacara Kantor Walikota Bitung, Selasa (25/4/2017).

Pada dasarnya peringatan Hari Otonomi Daerah, menurut Walikota Max J Lomban, adalah momentum untuk mengevaluasi kinerja dan meningkatkan kinerja pelayanan publik melalui e-government. Peringatan kali ini mengangkat tema Semangat Otonomi Daerah.

Walikota menyampaikan arahan bagi seluruh ASN Kota Bitung, di antaranya mengefektifkan penyelengaraan pemerintah daerah, senantiasa terjalin hubungan harmonis antara kepala daerah dan DPRD sebagai sesama unsur penyelenggara pemerintah daerah, termasuk hubungan yang harmonis dengan seluruh unsur forum komunikasi pimpinan daerah. Walikota juga meminta ASN meningkatkan kualitas tatakelola pemerintah daerah untuk mewujudkan proses penyelengaraan pemerintah daerah yang baik dan profil pemerintah daerah yang bersih melalui reformasi birokrasi serta peningkatan kapasitas dan intregritas seluruh penyelenggara pemerintah daerah, baik kepala daerah, DPRD, maupun ASN.

Walikota juga meminta agar program pembangunan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat  menjadi prioritas, didukung pengelolaan sumber-sumber keuangan daerah secara efektif, efesien, transparan, dan akuntabel. Selanjutnya, ASN harus mengingkatkan daya saing perekonomian daerah di tengah percaturan ekonomi global dan regional, termasuk era masyarakat ekonomi ASEAN, melalui pengelolaan potensi ekonomi daerah yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan dunia usaha. Terakhir, meningkatkan keterbukaan informasi publik melalui pelayanan informasi dan dokumentasi publik di lingkungan pemerintah daerah secara efektif,efesien,dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Saya harap kepada seluruh ASN untuk lebih meningkatkan pelayanan publik di Kota Bitung serta mendukung penuh proses Kota Bitung menuju Kota Cerdas atau Smart City, “ujar Max J lomban. [©-rfm/ike]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Wakil Walikota Bitung Dorong Pencegahan Narkotika

Lingkungan berperan dalam membentuk karakter anak muda. Karena itu, pelajari lingkungan be…