Home CAKRAWALA SOSIAL DAN BUDAYA Universitas Ghent Belgia Tingkatkan Kerjasama dengan Indonesia

Universitas Ghent Belgia Tingkatkan Kerjasama dengan Indonesia

0
0
2,256

Sivitas akademika Universitas Ghent dapat lebih mengenal Nusantara melalui Festival Eeuropalia Indonesia 2017, festival budaya Indonesia terbesar di Eropa.

CELEBES NEWS – Kerjasama antara pendidikan tinggi Belgia dan Indonesia terus dilakukan, terutama dengan Universitas Ghent (UGhent). Dalam pertemuan kedua, Rektor UGhent Anne De Pape menyampaikan kesiapannya untuk meningkatkan kerjasama dengan Indonesia.

Duta Besar RI untuk Belgia Yuli Thamrin menjelaskan, UGhent merupakan salah satu universitas favorit bagi calon mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Belgia. UGhent masuk peringkat Top 100 universitas di dunia.

“Mahasiswa Indonesia yang mengambil program doktoral dan magister mengincar jurusan-jurusan unggulan, seperti engineering, bio-engineering, kedokteran, pertanian, dan lain-lain,” terang Yuri dalam rilis yang diterima celebesnews.id, Kamis (20/4/2017).

Yuri menambahkan, kerjasama antar-lembaga pendidikan tersebut harus terus ditingkatkan. Pihak kedutaan mendorong UGhent untuk meningkatkan promosi agar menjadi tujuan pendidikan bagi mahasiswa Indonesia, khususnya tingkat sarjana dan doktoral.

Dubes berharap, sivitas akademika UGhent juga semakin mengenal Indonesia, misalnya melalui Festival Eeuropalia Indonesia 2017, pagelaran seni budaya terbesar di Eropa. Festival ini akan digelar Oktober 2017 hingga Januari 2018.

“Beberapa pagelaran seni budaya akan berlangsung di UGhent. Saya berharap Rektor UGhent dapat mempromosikan acara ini. Sebaiknya mahasiswa Indonesia juga membentuk ikatan alumni, untuk mewadahi alumni UGhent asal Indonesia.

Saat ini, 113 mahasiswa Indonesia tercatat sedang belajar di Belgia. Dari jumlah itu, 43 di antaranya menempuh studi di UGhent. [©-jme/ike]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

BPS: Indeks Kebahagiaan Orang Indonesia di Masa Presiden Jokowi Meningkat

JAKARTA – Indeks kebahagiaan Indonesia mengalami peningkatan dari 68,28 pada 2014 me…