Home CAKRAWALA HUKUM 3 Saksi Benarkan Indikasi Penyimpangan Keuangan PNBP

3 Saksi Benarkan Indikasi Penyimpangan Keuangan PNBP

0
0
2,175

Akibat menyalahgunakan jabatan, EKP didakwa merugikan negara sebesar Rp1,5 milliar.

CELEBES NEWS – Mantan bendahara penerimaan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Manado EKP (33), kembali duduk di kursi pesakitan Pengadilan Negeri Manado, Rabu (19/04/2027) sore.

Persidangan kasus korupsi di Kejari Manado digelar kembali oleh Ketua Majelis Hakim Alfi Usup, yang  didampingi Hakim Anggota Vincentius Banar dan Wennynanda. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Alexander Sulung telah menghadirkan tiga orang saksi, masing-masing I, G, dan M.

Dalam persidangan, ketiga saksi telah memberikan keterangan yang intinya menerangkan adanya indikasi penyimpangan pengelolaan keuangan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Kejari Manado, yang diduga telah dilakukan oleh terdakwa. Usai mendengar keterangan para saksi, Majelis Hakim kembali menunda  persidangan hingga pekan depan.

Seperti diberitakan sebelumnya, terdakwa EKP didakwa bersalah atas perbuatannya sewaktu memangku jabatan Bendahara Penerima di Kejari Manado. Dalam dakwaan tersebut, JPU menuturkan bahwa modus aksi kejahatan yang dilakukan terdakwa adalah dengan cara mengubah nominal digit saat melaporkan uang PNBP, baik  berupa tilang, uang pengganti, dan sebagainya.

Dalam dakwaan juga dijelaskan,  berdasarkan hasil pemeriksaan, terdakwa mulai menjalankan aksinya sejak Desember 2013. Saat itu uang pengganti sebesar Rp300 juta yang seharusnya disetorkan ke kas negara namun hanya disetorkan sebesar Rp300 ribu. Terdakwa ternyata meneruskan aksinya hingga 2015 sehingga merugikan negara hingga Rp1,5 miliar lebih.

Atas perbuatannya, terdakwa diancam dengan menggunakan Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambahkan dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU No 31 Tahun 1999, jo pasal 64 ayat 1 KUHPidana. [©-all/tan]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Seusai Diperiksa e-KTP, Ketua Harian DPD Partai Golkar Jawa Tengah langsung Kabur 

JAKARTA, Seusai diperiksa terkait dugaan kasus e-KTP, Ketua Harian DPD Golkar Jawa Tengah …